Simak Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri Beserta Manfaatnya

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri Beserta Manfaatnya

Titiksinggah.com – Asuransi kecelakaan diri merupakan suatu asuransi yang dapat melindungi diri dari risiko terjadinya kecelakaan akibat berkendara motor. Tidak hanya itu, asuransi tersebut juga menjamin saat penggunanya mengalami kematian dan cacat tetap saat bekerja ataupun berkendara.

Namun, pada setiap perusahaan asuransi pastinya memiliki kebijakan yang berbeda. Tertanggung harus menyimak dengan baik perjanjian polis asuransi agar dapat mengetahui apa saja yang dijamin dan juga tidak. Untuk uraian lengkapnya, mari simak ulasan di bawah ini:

Baca juga: Mengetahui Tentang Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri

Sebelum melakukan klaim asuransi, tertanggung perlu membeli asuransi terlebih dahulu. Pembelian asuransi bisa dilakukan di perusahaan penyedia layanan asuransi manapun. Sebelum membeli, harap teliti terlebih dahulu dan mengetahui dengan pasti kapabilitas dari perusahaan asuransi yang akan dipilih.

Usai membeli asuransi untuk kecelakaan diri, maka tahapan selanjutnya adalah melakukan klaim terhadap asuransi tersebut. Klaim dilakukan untuk validasi kepemilikan asuransi. Tahapan yang dilakukan terbilang cukup mudah, mari simak ulasan lengkapnya berikut:

  • Mengisi formulir yang telah disiapkan. Setiap akan mengajukan asuransi, pastinya pihak asuransi menyuruh tertanggung atau ahli waris untuk mengisi formulir yang telah disediakan.
  • Melampirkan surat keterangan dokter terkait tindakan medis yang telah dilaksanakan. Kemudian pihak dari tertanggung bisa membawa surat medis dari dokter yang menyatakan kondisi dari tertanggung.
  • Fotokopi KTP dan juga polis asuransi. Tahapan terakhir adalah melakukan fotokopi dokumen seperti KTP dan juga polis asuransi.

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri

Kepemilikan asuransi kecelakaan diri tentunya menghadirkan banyak manfaat yang akan menguntungkan pengguna atau pihak tertanggung. Dengan adanya manfaat tersebut yang akan membuat tertanggung tertarik untuk membeli asuransi. Tertanggung bisa memperoleh banyak manfaat seperti yang terlampir di bawah ini:

1. Memperoleh Santunan Kematian

Jika pihak tertanggung meninggal saat kecelakaan, maka bantuan finansial dari pihak asuransi akan diberikan kepada ahli waris tertanggung. Manfaat yang satu ini dapat membantu keluarga pihak tertanggung yang wafat. Tentunya kebutuhan untuk mengurus jenazah tidaklah sedikit.

Ahli waris tertanggung menjadi pihak yang berhak mendapatkan seluruh asuransi dari pihak tertanggung. Biasanya adalah anak kandung dari si tertanggung. Oleh sebab itu, pihak asuransi akan menyerahkan santunan terhadap ahli waris tersebut.

2. Mendapatkan Santunan Cacat Tetap

Manfaat lainnya adalah bisa memperoleh santunan cacat tetap ketika terjadi sebuah kecelakaan lalu mengalami kecacatan di suatu bagian tubuh. Cacat tetap terbagi sebanyak dua macam, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Cacat tetap total seperti mengalami kebutaan, atau kehilangan bagian tubuh lainnya yang menyebabkan tertanggung tak bisa beraktivitas lagi. Santunan yang diberikan adalah sebesar 100%.
  • Cacat tetap sebagian ketika tertanggung mengalami cacat pada sebagian anggota tubuh ketika kecelakaan. Santunan yang diberikan akan mendapatkan santunan proporsional dari total santunan yang telah diberikan.

3. Mengganti Biaya Pengobatan

Lalu manfaat yang terakhir adalah bisa mengganti biaya dari pengobatan yang telah dilakukan oleh tertanggung. Dengan adanya penggantian biaya pengobatan, maka akan makin mudah mempermudah dan membantu tertanggung dalam hal finansial.

Baca juga: Daftar Travel Insurance Visa Schengen

Keluarga tertanggung akan sangat terbantu jika pihak asuransi mengganti biaya pengobatan. Terlebih lagi jika biaya yang dikeluarkan cukup besar dan harus dibayarkan secepatnya, maka di situlah peran asuransi. Tertanggung bisa mendapatkan ganti biaya pengobatan dari pihak asuransi.

Demikian ulasan mengenai cara klaim asuransi kecelakaan diri beserta manfaatnya yang bisa diketahui melalui ulasan di atas. Dengan menyimak cara klaim beserta manfaat dari adanya asuransi untuk kecelakaan diri di atas, maka tahapannya bisa langsung dicoba.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *