Rekomendasi 8 Tempat Wisata Di Yogyakarta Menarik Untuk Didatangi

Rekomendasi Tempat Wisata Di Yogyakarta

Kota pelajar merupakan sebutan lain dari kota bernama Yogyakarta. Di samping itu ternyata kota ini mempunyai beragam pilihan menarik. Bahkan pengunjung yang datang tak hanya dari dalam negeri saja, akan tetapi juga banyak yang asalnya dari luar negeri. Hingga daftar di Yogyakarta perlu diketahui agar tidak bingung mencari saat sudah ada di kota tersebut.

Sejumlah pengunjung tertarik datang di kota ini lantaran sejumlah alasan. Misalnya saja seperti banyaknya jenis kuliner dengan rasa menyegarkan. Kemudian juga terdapat banyaknya pilihan yang unik dengan pemandangan menawarkan. Bagi yang mempunyai rencana liburan, tidak salah untuk mengunjungi sejumlah yang terdapat di kota Yogyakarta berikut ini:

1. Merapi Park

sumber gambar: sikidang.com

Daftar pertama untuk tempat wisata di Yogyakarta ditempati oleh nama Merapi Park. Bisa dikatakan bahwa tempat ini cukup populer serta banyak disukai oleh para anak muda. Bagi yang belum mengetahui, tempat ini lokasinya ada di sebelah utara dari yang masuk dalam Kabupaten Sleman.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Populer dan Wajib Dikunjungi

Meskipun dilihat dari sisi jarak yang tidak dekat dengan pusat kota. Akan tetapi pengunjung yang bersedia datang ke tempat ini cukup terbilang banyak. Ketika waktu akhir pekan jadwal operasional dari tempat ini bakal lebih awal yaitu setengah 9 pagi.

Dari yang jam operasional hari biasa yaitu jam 9 pagi. Adapun jadwal tutup dari tempat wisata ini adalah jam 5 sore. HTM yang ditetapkan adalah 20 ribu rupiah. Nantinya pengunjung juga mampu berfoto dengan menara Eiffel serta ikon terkenal lainnya.

2. Wisata Di Yogyakarta Heha Sky View

sumber gambar: yogyes.com

Pilihan wisata satu ini cocok dikunjungi bagi wisatawan yang menginginkan berlibur di tempat yang modern namun tetap mengusung pemandangan alam yang menarik. Lokasi dari tempat berjarak sekitar 40 menitan dari wilayah kota Yogyakarta. Lebih tepatnya terdapat pada Kabupaten Gunung Kidul. Perlu diketahui bahwa tempat ini melakukan perpaduan antara modern dengan wisata alam.

Dimana kedua aspek tersebut hadir slama bentuk restoran. Konsep ini tergolong menarik, hal ini dapat dilihat dari antusias pengunjung yang datang. Tak hanya itu, di sini juga menyediakan sejumlah kegiatan serta menarik bagi pengunjung. Misalnya saja seperti live music, kemudian food stall dan lainnya. Untuk memasuki tempat ini tiket yang dibanderol mulai 10 ribu hingga 20 ribu rupiah.

3. Obelix Hills Sunset View

sumber gambar: yogyes.com

Letak dari tempat wisata di Yogyakarta satu ini berada di perbukitan Prambanan. Dengan kata lain jarak yang dimiliki dari kota Yogyakarta adalah sekitar 22 km. Nama tempat wisata ini memang sempat berganti nama, dimana yang sebelumnya memiliki sebutan Bukit Klumprit. Dapat dikatakan bahwa pemandangan yang tersaji di tempat ini cukup terbilang menawan.

Baca Juga: Inilah Daftar Tempat Wisata Di Indonesia Yang Sangat Memukau

Bagaimana tidak, polanya pengunjung bakal menjumpai deretan candi beserta bukit Gunung Kidul. Wisatawan dapat menyaksikan keindahan pemandangan ini dari ketinggian. Satu dari beberapa daya tarik lainnya dari tempat ini yaitu pemandangan ketika matahari terbit ataupun tenggelam. HTM yang ada adalah 15 ribu saat hari Senin sampai Kamis serta 20 ribu ketika hari jumat sampai minggu.

4. Agrowisata Bhumi Merapi

sumber gambar: tribunnewswiki.com

Layaknya nama yang dipakai hingga indikasi tempat wisata di Yogyakarta satu ini memang terletak di wilayah lereng dari Gunung Merapi. Tujuan dari dibangunnya tempat wisata ini yaitu disamping sebagai tempat menghibur juga bertujuan sebagai tempat edukasi. Luas yang dimiliki oleh tempat ini mencapai 5,2 hektar yang dilengkapi dengan area perkebunan serta peternakan.

Sejumlah aktivitas yang dapat dilakukan di tempat ini meliputi menyaksikan tahapan dalam melakukan pembuatan kopi luwak. Kemudian juga melakukan pemerahan susu kambing. Lalu memproses susu tersebut menjadi sejumlah olahan seperti yogurt maupun es krim. Nantinya pengunjung juga dapat menikmati berbagai spot foto menarik dengan HTM sebesar 30 ribu rupiah saja untuk per wisatawan.

5. Candi Ratu Boko

sumber gambar: suara.com

Nama dari tempat wisata di Yogyakarta ini merupakan lokasi situs arkeologi. Bahkan jumlah wisatawan yang mendatangi tempat ini semakin bertambah banyak semenjak tempat ini menjadi satu dari beberapa lokasi syuting film AADC 2. Secara umum asal usul Candi Boko sendiri memiliki sejumlah versi.

Dimana ada beberapa yang menyebutkan bahwasanya tempat ini merupakan Istana dari Roro Jonggrang. Pasalnya Boko sendiri merupakan nama Raja sekaligus Ayah dari Roro Jonggrang. Luas kompleks candi ini mencapai 2,5,hektar dengan jarak lebih kurang 3 km dari Candi Prambanan yang tergolong cukup populer.

Baca Juga: 7 Pilihan Tempat Wisata di Semarang yang Tawarkan Sensasi Berbeda

Lantaran tempatnya yang berada di atas bukit membuat tempat wisata ini cukup menarik untuk menyaksikan matahari tenggelam. Para wisatawan hanya perlu membayar tiket 25 ribu untuk reguler, serta 30 ribu untuk sunset.

6. Kawasan Hutan Mangrove

sumber gambar: bakpiamutiarajogja.com

Pilihan lain untuk tempat wisata di Yogyakarta adalah ditempati oleh Kawasan Hutan Mangrove. Perlu diketahui bahwa orang pertama yang menanam tanaman Mangrove ini merupakan sosok mahasiswa S2 dari Universitas Gadjah Mada. Adapun pihak yang melakukan pengembangan pohon Mangrove tersebut hingga saat ini yaitu masyarakat sekitar. Nantinya pengunjung bisa menikmati sejumlah pilihan destinasi wisata.

Dimana yang pertama ada destinasi wisata Jembatan Api-api, kemudian kedua ada Pantai Pasir Kadilangu. Di samping itu juga terdapat wisata Wanatirta Pasir Mendit, dan juga wisata Maju Lestari. Dari beberapa pilihan tersebut yang paling populer yaitu Jembatan Api-api. Nantinya pengunjung juga dapat menyewa perahu kecil untuk dinaiki. HTM yang ditetapkan yakni sekitar 5 ribu rupiah per wisatawan.

7. Tebing Breksi

sumber gambar: kompas.com

Pada mulanya tempat wisata di Yogyakarta ini merupakan lokasi penambangan batu breksi yang menjadi tempat mencari nafkah warga sekitar. Sejumlah wisatawan yang datang ke tempat ini memang kebanyakan gemar akan dunia petualangan. Apabila diamati dengan cara sekilas, maka tempat wisata ini mempunyai sejumlah kesamaan dengan wisata bernama Brown Canyon yang terletak di wilayah Semarang.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Solo Paling Asyik Didatangi Saat Senggang

Nantinya wisatawan dapat menyaksikan keindahan kota Yogyakarta serta Klaten dari atas tebing ini. Dimana beberapa tempat seperti Gunung Merapi, kemudian Candi Prambanan serta bandara Adi Sutjipto dapat terlihat dari tempat ini. Apabila pengunjung hendak memasuki adrenalin dengan mengelilingi tebing, maka dapat menyewa ATV. Tiket masuk yang ditawarkan adalah gratis.

8. Spot Riyadi

sumber gambar: bandungklik.com

Jenis wisata satu ini terbilang cocok dikunjungi oleh wisatawan yang gemar akan dunia fotografi. Pasalnya tempat ini menyajikan berbagai macam spot menarik untuk berfoto. Terlebih lagi ketika foto yang diambil bertepatan dengan matahari terbit maupun tenggelam, tentu semakin indah di pandang.

Sejumlah pemandangan seperti persawahan, kemudian Candi dan lainnya siap menyapa dengan gratis tiket masuk. Akan semakin asyik menikmati pemandangan yang disajikan dengan ditemani kopi beserta aneka gorengan.

Video di Yogyakarta

Demikian ulasan terkait daftar tempat wisata di Yogyakarta yang sayang dilewatkan. Bagi orang yang tengah suntuk serta ingin melupakan sejenak kesibukan yang dimiliki. Maka daftar beberapa tempat wisata di atas dapat menjadi referensi. Terutama bagi orang yang tinggal di daerah Yogyakarta, selain untuk hiburan juga meramaikan wisata lokal.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.