Inilah 5 Rekomendasi Tempat Wisata Bedugul yang Wajib Dieksplor

Tempat Wisata Bedugul yang Wajib Dieksplor

Titiksinggah.com – Tempat wisata Bedugul memang didominasi oleh keindahan alam yang berpadu dengan nilai tradisi dan adat yang kental. Tidak heran jika wisatawan mancanegara maupun lokal selalu menambahkan Bedugul ke daftar destinasi selama liburan.

Sebagian lokasi wisata di Bedugul dikenal cukup strategis dan dekat bila ditempuh dari pusat Denpasar maupun wilayah lain. Berikut ini rekomendasi destinasi wisata di kawasan Bedugul yang bisa dieksplor bersama keluarga maupun teman:

Baca juga: Objek Wisata Banda Aceh yang Sedang Hits

1. Danau Beratan

sumber: rentalmobilbali.net

Selain pantai, wisatawan bisa mengunjungi danau paling ikonik di Pulau Dewata. Danau Beratan mempunyai luas sekitar 375,6 hektar serta titik kedalaman antara 22-48 meter. Tidak heran jika danau ini menyandang status sebagai yang terbesar dan terluas di Bali.

Danau Beratan dikelilingi oleh pemandangan indah perbukitan dan pegunungan yang memanjakan mata. Terdapat beragam aktivitas seru bisa dilakukan di sini seperti menaiki perahu atau sampan, mengunjungi pura, makan di restoran, hingga berbelanja oleh-oleh.

Lokasi Danau Bedugul ini memang strategi di kawasan Candi Kuning, Tabanan. Harga tiket yang ditawarkan sekitar Rp30.000 untuk dewasa dan gratis bagi anak-anak. Wisatawan juga dikenakan biaya parkir antara Rp2.000-Rp10.000 untuk motor, mobil, serta bus.

2. Pura Ulun Danu

sumber: tripadvisor.com

Masih berada di area Danau Beratan, Pura Ulun Danu wajib dikunjungi ketika berwisata ke Bali. Pura ini berdiri sejak 1634 Masehi atau 1556 Tahun Saka dibangun oleh Raja Puri Mengwi pertama, I Gusti Agung Putu.

Pura Ulun Danu memiliki lima kompleks yaitu Penataran Agung, Dalem Purwa, Prajapati, Lingga Petak, Taman Beji. Bangunan pura ini masih terjaga keaslian serta kesakralannya. Umat Hindu bahkan masih menggunakannya untuk bersembahyang.

Baca juga: The Ranch Puncak: Wahana,Harga Tiket dan Informasi yang Wajib Diketahui!

Destinasi wisata ini masih berada di kawasan Danau Bedugul, tepatnya di Candikuning, Tabanan. Wisatawan dapat berkunjung ke Pura Ulun Danu dan Danau Bedugul dengan tiket masuk yang sama seharga kurang lebih Rp30.000.

3. Pasar Candi Kuning

sumber: atourin.com

Tempat wisata Bedugul selanjutnya yaitu Pasar Candi Kuning. Pasar ini menjadi sumber pencaharian masyarakat Bedugul dengan menjual berbagai macam hasil bumi, seperti sayur dan buah-buahan.

Lokasinya terbilang sangat strategis yang bisa ditempuh selama lima menit dari Pura Ulun Danu di Desa Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan. Tidak ada tarif khusus untuk mengunjungi pasar ini, sehingga wisatawan bebas berbelanja maupun berkeliling di dalamnya.

Biasanya wisatawan berkunjung ke Pasar Candi Kuning untuk berbelanja buah tangan khas Bali. Mulai dari kerajinan tangan, tas, sandal sampai baju di jual di sana dengan harga yang terjangkau.

4. Kebun Raya Bedugul

sumber: jawapos.com

Nama lain dari tempat wisata ini yaitu Kebun Raya Eka Karya. Kebun botani ini rupanya menjadi yang terbesar di Indonesia. Destinasi tersebut terletak di Desa Candikuning, Tabanan atau sekitar 60 km jika ditempuh dari Denpasar.

Tempat wisata ini menerapkan tarif yang cukup terjangkau mulai dari Rp.9.000 untuk lokal hingga Rp.17.000 bagi wisatawan asing. Wisatawan juga bisa berkeliling kebun dengan kendaraan yang dipatok tarif berbeda.

Wisatawan akan diajak melihat koleksi keragaman flora seperti tumbuhan paku, Anggrek, Kaktus hingga Begonia. Terdapat pula spot menarik seperti Roses Garden, Ramayana Boulevard, Candi Bentar, Kumbakarna Laga Statue serta Ramayana Boulevard yang tidak boleh dilewatkan.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

5. Jatiluwih

sumber: kompas.com

Jatiluwih mempunyai ciri khas berupa area persawahan yang ditata bertingkat atau terasering yang indah. Masyarakat di sini juga masih menerapkan sistem irigasi tradisional yang disebut subak. Selain itu, kawasan ini bahkan mencapai luas sekitar 636 hektare.

Lokasi persawahan ini terletak di kecamatan Penebel, Tabanan yang bisa dituju motor atau mobil. Wisatawan lokal akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp15.000, sedangkan asing mencapai kurang lebih Rp40.000.

Itulah daftar tempat wisata Bedugul yang bisa dijadikan rekomendasi ketika berlibur di Pulau Bali. Sejumlah destinasi tersebut dikenakan tarif tertentu namun ada pula yang gratis. Jangan lupa siapkan itinerary karena masih banyak tempat yang layak diekspor di kawasan Bedugul.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *