Destinasi Wisata Sumbar yang Wajib Dikunjungi Selama Liburan

Destinasi Wisata Sumbar yang Wajib Dikunjungi (1)

Titiksinggah.com – Sumatera Barat menawarkan keindahan alam serta kebudayaan yang wajib diekspor oleh wisatawan mancanegara serta lokal. Sejumlah destinasi wisata Sumbar bahkan menjadi ikon di Indonesia. Tentunya destinasi wisata tersebut memiliki sejarah serta cerita yang menjadi legenda di masyarakat.

Pengunjung juga akan merasakan pengalaman yang seru serta menyenangkan selama berlibur. Berikut daftar tempat wisata di daerah Sumatera Barat untuk rekomendasi liburan:

1. Jam Gadang

sumber: sindonews.com

Sebagai ikon kota Bukittinggi, Jam Gadang seperti masuk daftar wajib selama mengunjungi Sumbar. Menara jam ini dibangun pada tahun 1962 oleh arsitek Sutan Gigi Ameh serta Yazin. Pembangunan menara konon menghabiskan dana sekitar 3.000 Gulden.

Baca juga: Inilah 5 Rekomendasi Tempat Wisata Bedugul yang Wajib Dieksplor

Menurut sejarah, menara ini dibangun setelah Ratu Belanda pada masa itu memberikan mesin jam kepada Sekretaris Bukittinggi yang dulu dikenal sebagai Rook Maker. Saat ini Jam Gadang masih dirawat dengan baik serta tetap mempertahankan bentuk asli.

Lokasi Jam Gadang berada di Alun-Alun Bukittinggi yang cukup strategis. Selain itu, tidak ada biaya khusus untuk mengunjunginya. Pengunjung dapat menikmati keindahan menara jam sambil bersantai di pelataran yang luas serta dihiasi taman penuh pepohonan.

2. Pantai Air Manis

sumber: liputan6.com

Destinasi wisata Sumbar ini berkaitan dengan cerita rakyat Malin Kundang. Batu Malin Kundang tersebut konon berada di Pantai Air Manis. Batuan yang ada di sekitarnya bahkan diketahui barang-barang milik Malin Kundang yang ikut berubah.

Tidak hanya itu, Pantai Air Manis ternyata dianugerahi pemandangan yang indah dengan ombak rendah. Pengunjung dapat menikmati suasana pantai dengan latar belakang Gunung Padang sambil berenang. Terdapat pula pulau Pisang Besar dan Pisang Kecil yang bisa dikunjungi dengan perahu.

Keberadaan batu ini sangat menarik bagi wisatawan terutama lokal untuk mengunjunginya. Lokasinya berada di kecamatan Padang Selatan atau sekitar 10 km dari pusat kota Padang.

Biaya masuk Pantai Air Manis cukup terjangkau sekitar Rp 5000 saja. Sedangkan, tarif parkir mobil dan motor dikenakan kurang lebih Rp3000-Rp5000.

3. Istano Baso Pagaruyung

sumber: wikipedia.org

Istana Baso Pagaruyung menjadi destinasi wisata andalan yang harus dikunjungi di Tanah Datar. Istana ini termasuk peninggalan Kerajaan Pagaruyung pada masa kejayaannya dulu. Namun, istana yang ada saat ini sebenarnya bukan bangunan asli.

Baca juga: 7 Wisata Pangalengan Yang Lagi Hits Dan Terbaru

Letak Istano Baso Pagaruyung sebenarnya ada di Bukit Batu Patah. Kebakaran yang sempat melanda membuat istana dibangun kembali. Saat ini bangunan ini berada di Jalan Sultan Alam Bagagarsyah, Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar.

Pengunjung akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp7.500 khusus anak-anak dan dewasa sekitar Rp15.000 saja. Selain itu, pengunjung bisa menyewa pakaian adat Minang dengan biaya antara Rp35.000-Rp75.000. Terdapat biaya parkir untuk kendaraan pribadi dan bus sekitar Rp 5000-Rp15.000.

4. Danau Singkarak

sumber: ativeindonesia.com

Wisata alam di Sumatera Barat memang tidak ada habisnya untuk diekspor, terutama Danau Singkarak. Danau ini membentang di wilayah kabupaten Tanah Datar dan Solok. Pengunjung bisa mengunjunginya dengan tarif masuk terjangkau sekitar Rp10.000.

Destinasi wisata bahkan menyandang predikat sebagai danau terluas di Sumbar. Danau ini mempunyai hewan endemik yang tidak ditemui di tempat lain yaitu ikan Bilih.

Selain mencari ikan Bilih, pengunjung bisa mengarungi danau maupun melakukan aktivitas lain yang menyenangkan. Danau Singkarak dapat menjadi pilihan tepat untuk melepas penat, mengingat kondisi alamnya yang asri dan indah.

5. Lembah Harau

sumber: kompas.com

Keindahan Lembah Harau yang memanjakan mata memang menjadi destinasi favorit wisatawan. Lokasinya yang cukup dekat dari Bandara Minangkabau tepatnya di Kabupaten Lima Puluh Kota sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: Rekomendasi Objek Wisata Di Berastagi Yang Tidak Akan Mengecewakan Jika Dikunjungi

Untuk mengunjunginya, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp30.000-Rp40.000. Harga tersebut sudah termasuk akses ke Kampung Korea Jepang, Sarosa, Eropa hingga Secret Garden.

Pengunjung dapat menikmati suasana sunyi lembah yang masih kental dengan nilai agama serta kebudayaan masyarakatnya.Selain itu, pengunjung bisa menguji adrenalin dengan memanjat tebing setinggi 50 meter lebih.

Demikian rekomendasi destinasi wisata Sumbar yang wajib dikunjungi. Pengunjung bisa mengeksplorasi berbagai tempat menarik nan indah di seluruh Sumatera Barat. Mulai dari wisata alam, budaya hingga kuliner sayang untuk dilewatkan.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *