Rekomendasi Tempat Wisata Di Payakumbuh Cocok untuk Cari Suasana Baru

Rekomendasi Tempat Wisata Di Payakumbuh Cocok untuk Cari Suasana Baru

Akhir pekan saatnya melepas kepenatan dari tuntutan pekerjaan seminggu penuh. Setelah duduk dibalik meja kerja dengan tumpukan kertas yang menjenuhkan. Namun saat akan melakukan liburan, bingung juga ingin kemana. Tenang saja, untuk warga Sumatera Barat dan sekitarnya, berikut di Payakumbuh, cocok untuk melepas penat:

1. Panorama Ampangan

sumber: nativeindonesia.com

yang pertama sangat cocok dikatakan wisata alam. Panorama Ampangan menyajikan pemandangan khas pedesaan yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Pengunjung bisa mengambil banyak foto dengan latar belakang persawahan dan pedesaan. Suasana yang disajikan sangatlah asri dan menenangkan.

Bagi penikmat destinasi bersuhu dingin, dilengkapi dengan angin segar dan bertiup sepoi-sepoi, destinasi ini sangat cocok. Letaknya yang di dataran tinggi sangatlah mendukung suasana asri. Jika pengunjung menanti ketenangan dengan pemandangan ketinggian yang asri, Panorama Ampangan dapat menjadi pilihan wisata yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan pengunjung.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Recommended

Tidak perlu membayar mahal untuk bisa menikmati pemandangan di Panorama Ampangan. Untuk masuk kedalam tempat wisata, pengunjung hanya akan dikenakan biaya 10 ribu rupiah untuk setiap orang. Ditambah dengan biaya akomodasi parkir dua ribu rupiah. Pengunjung bisa langsung saja menuju ke Aua Kuniang, Ampangan, Kota Payakumbuh.

2. Air Terjun Sarasah Murai Gantiang

sumber : detik.com

Masih sama dengan destinasi sebelumnya, wisata kali ini masih berbau alam. Pengunjung yang mencari wisata alam di area berair, maka destinasi ini sangatlah patut untuk dipilih. Di Air Terjun Sarasah Murai Gantiang, pengunjung bisa main air langsung dari air terjun. Ukuran air terjun pun tidak terlalu besar sehingga jauh dari kata berbahaya untuk pengunjung.

Lebihnya lagi, sebelum bisa menikmati air terjun, pengunjung harus melakukan jelajah terlebih dahulu. Dari tempat parkir, pengunjung harus melakukan perjalanan beberapa saat menyusuri jalan setapak. Namun jangan harap bertemu dengan jalanan berpaving. Pengunjung harus menyusuri jalan berbatu untuk bisa sampai di tujuan.

Untuk bisa menuju ke destinasi wisata ini, pengunjung benar-benar tak memerlukan biaya yang besar. Setiap orang cukup mengeluarkan uang sebesar dua ribu rupiah. Serta untuk parkir kendaraan dikenakan dua ribu rupiah juga. Sangat terjangkau bukan? Pengunjung bisa langsung saja mendatangi lokasi ini di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota.

3. Paralayang Taeh Bukik

sumber : okezon.ecom

Bagi penggemar wisata paralayang, tempat wisata di Payakumbuh ini pasti akan cocok untuk didatangi di akhir pekan. Ya, Paralayang Taeh Bukik sudah menjadi situs wisata paralayang yang banyak digemari. Situs ini tidak hanya terkenal oleh penduduk sekitar, namun juga telah terkenal oleh turis mancanegara.

Di tempat ini, pengunjung bisa melakukan paralayang meskipun pengunjung bukan merupakan paralayang profesional. Medan yang dimiliki oleh Paralayang Taeh Bukik ini sangat landai. Hal ini menyebabkan tempat ini tidak berbahaya bahkan untuk mulai mencoba. Situs inipun sering digunakan untuk latihan lomba paralayang.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Berastagi Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Untuk bisa menikmati destinasi wisata ini, pengunjung bisa langsung saja menuju ke lokasinya. Alamatnya ada di Taeh Bukik, yang terletak di Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota. Untuk biayanya beragam, tergantung fasilitas apa yang diambil oleh pengunjung. Tanyakan saja sesaat sebelum datang ke lokasi.

4. Rumah Tan Malaka

sumber : phinemo.com

Nah, destinasi selanjutnya cocok untuk wisata sejarah. Ya, Rumah Tan Malaka, salah satu pejuang kemerdekaan Indonesia pun bisa dikunjungi di sini. Rumah Tan Malaka ini dijadikan destinasi wisata sejarah oleh pemerintah setempat. Tujuannya tentu untuk menghargai jasa salah satu pahlawan kemerdekaan di negara Indonesia ini.

Rumah peninggalan Tan Malaka ini usianya sudah tua. Bangunan aslinya sudah berdiri sejak tahun ‘36. Namun memang penjagaan yang baik membuat rumah Tan Malaka ini masih bisa dinikmati hingga sekarang. Pengunjung bisa mengambil foto dengan rumah dan lingkungan sekitarnya untuk diabadikan.

Pengunjung bisa langsung saja datang ke Nagari Pandam gadang. Tepatnya di Kecamatan Gunuang, Kabupaten Lima Puluh Kota. Karena ini adalah destinasi yang dikelola pemerintah setempat, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk sepeserpun.

5. Kapalo Banda Taram

sumber : nativeindonesia.com

Apalagi yang lebih cocok dari wisata alam untuk menyegarkan pikiran. Jika tadi suasana pedesaan sudah, petualangan sudah. Sekarang saatnya untuk mengunjungi destinasi wisata danau. Masih terletak di pedesaan, Kapalo Banda Taram merupakan tempat wisata di Payakumbuh yang berupa danau yang juga terletak di pedesaan.

Danau ini bukan tipe danau yang sangat besar. Kapalo Banda Taram hanyalah danau yang dangkal sehingga pengunjung bisa bermain air disini. Airnya sangat jernih sehingga dasarnya bisa terlihat. Pengunjung pun bisa membayar untuk menaiki sampan berkeliling danau menikmati pemandangan. Yang jelas, jangan lupa ambil foto yang banyak ya.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Tangerang

Untuk bisa menuju ke Kapalo Banda Taram, pengunjung bisa langsung ke Kabupaten Lima Puluh Kota. Tepatnya di daerah Harau, kecamatan Payakumbuh. Untuk biaya masuknya sebesar dua puluh ribu rupiah dan pengunjung sudah bisa berwisata sepuas hati di tempat ini. Biaya yang sangat terjangkau untuk berwisata bukan?

6. Puncak Marajo

 

sumber : kebaca.com

di Payakumbuh yang selanjutnya adalah objek wisata yang cocok untuk trekking bersama teman-teman. Ya, destinasi kali ini bernama Puncak Marajo. Disini pengunjung yang menggemari pendakian bisa berangkat bersama teman-teman untuk sama-sama mencapai Puncak Marajo.

Jalur yang disajikan terhitung mudah bagi pendaki yang sudah sering melakukan trekking. Meski begitu, tetap saja, untuk mencapai puncak, tetap perlu usaha ekstra. Sesampai di atas, siap-siap untuk dibuat takjub dengan pemandangan yang disajikan. Rasa lelah terbayar sudah dengan keindahan pesona pemandangan di Puncak Marajo.

Untuk bisa melakukan trekking, pengunjung hanya perlu membayar 10 ribu rupiah per orangnya. Sangat terjangkau bukan. Untuk memulai pendakian, pengunjung bisa langsung menuju ke jalur tracking di Jalan Raya Bukittinggi, Pakan Sinayan, Kota Payakumbuh.

7. Padang Mangateh

sumber : wikipedia.org

Tempat wisata di Payakumbuh yang terakhir adalah Padang Mangateh. Disini pengunjung bisa mendapatkan sensasi liburan di pedesaan yang asri. Tenang saja, destinasi kali ini tidak memerlukan tenaga ekstra untuk bisa dicapai. Pengunjung bisa mencapainya dengan mobil dan akan langsung sampai ke lokasi.

Destinasi unggulan disini adalah padang rumput yang terbentang luas. Selain itu, pengunjung bisa bertemu dengan hewan ternak yang dilepaskan secara bebas. Jadi, kalau ke Padang Mangateh, jangan lupa untuk berfoto dengan hewan-hewan disini ya. Hewannya pun tidak akan menyerang, selama pengunjung tidak mengganggu mereka.

Baca Juga : 9 Rekomendasi Tempat Wisata di Puncak Paling Diminati!

Destinasi ini adalah destinasi super murah meriah. Bagaimana tidak, pengunjung tidak dikenakan biaya apapun untuk bisa masuk kesini. Pengunjung cukup membayar biaya untuk parkir. Setelahnya, pengunjung bisa mulai mendapatkan foto-foto yang bagus. Untuk datang ke Padang Mangateh, pengunjung bisa langsung ke Kecamatan luak, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Jadi, di Payakumbuh mana yang akan dipilih. Semuanya memiliki ciri khas masing-masing yang tentunya sangat menarik bukan. Tinggal pilih salah satu yang sesuai dengan tipe liburan yang diinginkan. Jika sudah, datang saja langsung ke lokasi yang sudah tertera dengan mempersiapkan sejumlah uang yang dibutuhkan.

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.