7 Tempat Wisata di Solo Paling Asyik Didatangi Saat Senggang

7 Tempat Wisata di Solo Paling Asyik Didatangi Saat Senggang

Solo memang menjadi salah satu kota etnik yang asyik untuk didatangi di kala senggang atau liburan. Pasalnya selain citranya yang penuh keramahan, ada aneka tempat wisata di Solo yang tidak hanya indah, namun juga penuh kesan bermakna. Mulai dari wisata yang kental tradisi, sampai dengan yang punya gaya kekinian.

Penasaran dan ingin tahu lebih detail mengenai aneka tempat wisata di Solo tersebut? Sebaiknya baca dulu uraian yang dihadirkan di bawah ini dengan cermat dan seksama. Lantaran di sini akan diulas banyak hal mengenai tempat, seputar fasilitas dan wahananya, sampai harga tiket masuknya. Tidak perlu berlama-lama, inilah sajian info selengkapnya:

1. The Heritage Palace

sumber : tribunnews.com

Mengawali di Solo yang paling asyik untuk dikunjungi adalah The Heritage Palace. Yakni sebuah bangunan kuno bergaya Eropa klasik dengan arsitektur unik dan penuh dengan nilai historis. Pasalnya, pada mula pendiriannya dahulu, bangunan ini difungsikan sebagai pabrik produksi gula Gembongan yang besar pada masanya.

Baca Juga : 9 Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Populer dan Wajib Dikunjungi

Sekarang pabrik tersebut sudah dialihfungsikan sebagai destinasi wisata kekinian. Menariknya, di dalam bangunan ini, para pengunjung tidak hanya bisa menikmati arsitektur tuanya saja. Namun juga bisa lihat aneka koleksi antik yang tidak ada di tempat lainnya. Sebut saja museum 3 dimensi Omah Waliknya sampai dengan jajaran koleksi mobil antik yang pastinya siap dibidik.

Lebih kerennya lagi, terkait biaya masuk ke tempat ini sangat istimewa. Pengunjung hanya dikenai biaya yang hanya sekira 55ribuan saja. Tentunya harga tersebut terbilang sepadan dengan apa yang didapatkan. Jadi, lekas kunjungi saja untuk menemukan sendiri sensasinya!

2. Museum Batik Danar Hadi Solo

sumber : lpmvisi.com

Seperti yang diketahui, Solo dikenal sebagai kota yang punya masyarakat dengan aneka budaya. Salah satunya adalah kain tradisional batik yang tidak hanya indah namun juga punya filosofi yang dalam pada setiap corak motifnya. Hal tersebut bisa dipelajari lanjut di sebuah museum yang terletak di Laweyan bernama Danar Hadi.

Pada museum ini tersedia aneka macam koleksi yang tepat untuk dikenalkan pada buah hati. Mulai dari aneka batik klasik dengan corak filosofis dalam dan etnik, sampai dengan batik kontemporer yang lebih bebas dan ekspresif. Selain itu, juga terdapat pajangan tentang alat yang dipakai untuk membatik. Tentunya, buah hati akan senang dan mendapat banyak sekali pelajaran darinya.

Asyiknya lagi, dengan segala nilai edukasi di dalamnya, biaya masuk untuk tempat etnik ini terbilang murah meriah. Bayangkan saja untuk kelas pelajar, hanya dikenai biaya sekitar 15 ribuan. Sedangkan untuk orang tua yang mendampingi, cukup mengeluarkan biaya senilai 35 ribuan saja. Sungguh, tarif yang masuk akal untuk nilai edukasi dan budaya tinggi yang ada di sini.

3. Keraton Surakarta Hadiningrat

sumber : kompas.com

Mengunjungi Solo, rasanya tidak akan lengkap bila tidak berkunjung ke keraton Surakarta Hadiningrat yang menyimpan kejayaan kota Solo pada masanya. Pada tempat ini masih tersimpan dengan jelas bagaimana potret Solo di masa lampau. Mulai dari bentuk arsitektur keraton yang khas, koleksi benda peninggalan masa silam, sampai dengan kehidupan budaya yang terus coba dilestarikan.

Baca Juga : Daftar 9 Tempat Wisata Di Bali Yang Patut Dikunjungi

Tempat ini memiliki bagian-bagian unik yang dapat disusupi oleh pelancong. Mulai dari Alun-alun yang terbagi menjadi utara dan selatan, Sasana Sumewa, Siti Hinggil, Kemandungan, sampai dengan Kamangangan. Pastinya setiap bagian dari tempat tersebut, punya filosofi dan kegunaanya sendiri sehingga pengunjung dapat mengambil makna darinya.

Apabila ingin datang ke tempat penuh budaya ini, maka sebaiknya jangan di hari Jumat. Lantaran pada hari tersebut keraton sengaja diliburkan dan ditutup untuk keperluan kunjungan wisatawan. Selain itu pastikan juga untuk datang antara jam 9 pagi hingga maksimal jam 3 sore harinya, dengan membayar biaya masuk sekira 15 ribuan saja per orangnya.

4. Agrowisata Lembah Hijau Jaten

sumber : phinemo.com

yang selanjutnya ini cocok bagi orang tua yang ingin mengedukasi anak terkait hal-hal berbau pertanian. Lantaran disini pengunjung dapat menikmati aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan tersebut. Mulai dari bercocok tanam, membuat pupuk, hingga merawat hewan peliharaan. Selain itu juga bisa menikmati kuliner sembari melihat indahnya pemandangan.

Jika tertarik dengan wisata ini lokasinya berada di kawasan Karanganyar, yang aksesnya cukup mudah ditempuh dari pusat Solo. Dengan tiket masuk yang hanya 3 ribuan saja, menjadikannya sangat ramah untuk kantong keluarga.

5. Taman Sriwedari

sumber : kompas.tv

Selain bangunan keraton yang masih berdiri megah, Solo juga punya kompleks pertamanan di kecamatan Laweyan yang bernilai sejarah. Nama taman tersebut adalah Sriwedari, yang telah ada sejak Sultan Pakubuwana X menjalankan tahta kepemimpinan. Membuatnya seolah menyimpan kenangan-kenangan dari Solo pada masa silam.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata Di Payakumbuh Cocok untuk Cari Suasana Baru

Uniknya, bila mengunjungi tempat ini di waktu yang tepat, maka orang tidak hanya akan mendapat suguhan panoramanya saja, namun juga bisa menikmati pertunjukan budaya. Kerennya lagi, itu bisa dinikmati dengan harga yang melegakan. Yakni hanya sekitar 5 ribuan saja per orang.

6. Pandawa Water World

sumber : joss.co.id

Keenam, apabila ingin menikmati tempat wisata di Solo yang penuh wahana permainan air, maka tempat ini adalah solusinya. Lantaran sebagai zona permainan air, koleksi yang dipunyai oleh Pandawa Water World terbilang sangat lengkap. Membuat pelancong dan keluarga leluasa untuk menikmati kunjungan masa liburannya. Semisal mulai dari Fantastic Slides sampai dengan Action River yang memacu adrenalin siapa saja.

Lebih lanjut, tempat yang berada di Sukoharjo, tidak jauh dari Solo ini juga punya landmark yang tidak ada duanya. Yakni aneka patung ksatria Pandawa Lima dari Mahabarata yang ukurannya super raksasa. Tentunya patung tersebut bisa jadi background untuk bersua selfie yang instagenic dan unik. Sehingga bisa menjadikannya sebagai sebuah postingan yang menarik.

Lalu, berkaitan dengan tiket masuk ke area wahana permainan air ini pun cukup terjangkau. Bayangkan saja, pengunjung hanya dikenai sekira 30 ribuan saja untuk yang datang di hari biasa. Sedang untuk yang datang di akhir pekan atau liburan maka kena biaya 35 ribuan. Tentunya sangat realistis untuk kantong pelancongan.

7. Pasar Gede Solo

sumber : godnewsfromindonesia.id

Terakhir, tempat wisata di Solo yang tidak boleh terlewatkan begitu saja dalam agenda pelancongan adalah Pasar Gede Solo. Pasalnya di tempat yang tanpa tiket masuk ini, pelancong dapat puas menikmati aneka wisata kuliner yang siap menggoyang lidah. Terlebih untuk harga kuliner yang tersedia pun cukup murah, sehingga dijamin perut kenyang namun kantong tetap aman.

Menariknya, pelancong tidak hanya dapat membeli kuliner yang dapat dimakan di tempat sembari menikmati suasana nyaman nya saja. Namun juga bisa membeli makanan dan jajanan yang lebih awet untuk dibawa pulang ke rumah. Sehingga cocok dijadikan sebagai tempat mencari oleh-oleh untuk sanak keluarga dan orang-orang tercinta.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Recommended

Itulah tadi ketujuh di Solo yang paling asyik untuk didatangi di kala senggang. Jadi, dari sejumlah yang sudah dihadirkan tersebut, manakah yang ingin lekas dikunjungi? Pastinya siapkan dulu semua keperluan akomodasi dan perbekalannya matang-matang! Agar nantinya kegiatan pelancongan dapat berjalan dengan lancar nan penuh kesan!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.