Mengetahui Tentang Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Tentang Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Titiksinggah.com – Perjalanan ke luar negeri untuk berbagai alasan seperti berlibur, mengunjungi saudara, atau bahkan beribadah tentu biasa dilakukan oleh beberapa orang. Untuk mengatasi resiko kecelakaan bahkan kehilangan nyawa, maka dibutuhkan sebuah asuransi perjalanan luar negeri yang memang penting untuk dipersiapkan.

Siapapun tidak ada yang pernah tahu kapan sebuah kecelakaan atau bencana akan terjadi apalagi saat  melakukan perjalanan jauh ke luar negeri. Bisa saja kerugian yang dialami menjadi begitu besar karena terjadinya hal yang tidak diinginkan tersebut jauh di negara orang.

Kondisi yang Ditanggung Asuransi Perjalanan ke Luar Negeri

Dengan memiliki asuransi perjalanan luar negeri, para pelancong bisa memperoleh perlindungan yang lebih lengkap saat bepergian ke luar negeri. Ketidaknyamanan selama perjalanan, sakit, dan kecelakaan yang mungkin dapat dialami juga dapat ditanggung oleh asuransi.

Baca juga: Traveloka, Aplikasi Booking Tiket & Hotel Terpopuler No 1 Untuk Traveler!

Ketidaknyamanan yang akan ditanggung asuransi adalah berupa keterlambatan atau pembatalan perjalanan dan kehilangan bagasi, paspor dan dokumen. Biaya pembelian tiket akan ditanggung oleh asuransi sesuai perjanjian apabila  terjadi pembajakan, perjalanan darurat, dan keterlambatan perjalanan.

Pengecualian Asuransi Perjalanan ke Luar Negeri

Pengguna bisa ikut serta dalam berbagai program asuransi dengan proses pendaftaran yang gampang namun sebelumnya pengguna harus mempelajari asuransi terlebih dahulu. Dalam asuransi, ada beberapa hal atau kondisi yang tidak dapat diklaim karena berbagai alasan tertentu, yaitu antara lain:

1. Fasilitas Kesehatan yang Tidak Menerima Asuransi

Ketika seorang pengguna mengalami kecelakaan kemudian dibawa ke pelayanan kesehatan maka pengguna harus tahu fasilitas kesehatan mana yang menerima klaim. Hal ini karena tidak semua rumah sakit atau klinik dapat menerima klaim asuransi, sehingga pengguna mungkin harus membayar sendiri

2. Di bawah Pengaruh Alk0h0l

Kecelakaan atau kerugian yang dialami karena pengguna tersebut mengkonsumsi alk0h0l atau hal lain yang ilegal maka kerugiannya tidak ditanggung asuransi. Seseorang yang sedang dalam pengaruh alk0h0l sudah pasti dapat melakukan banyak hal yang berbahaya tanpa disadari.

3. Kerugian yang Disengaja

Kondisi yang menyebabkan terjadinya suatu kerugian yang sengaja dilakukan untuk mendapatkan klaim asuransi adalah hal yang curang. Contohnya merekayasa kecelakaan atau sengaja membakar mobil, ketika ketahuan pengguna justru akan dikenai hukuman baik berupa denda ataupun kurungan penjara.

4. Kondisi Force Majeure

Kondisi ini misalnya, pengguna asuransi terjebak dalam kerusuhan di suatu negara yang sedang didatangi kemudian terluka atau mengalami kerugian. Meskipun hal tersebut tidak disengaja, pengguna tidak dapat klaim asuransi karena negara tersebut memang sedang dalam kondisi konflik.

5. Hamil dan Keguguran

Pengguna asuransi yang telah mengetahui kondisinya sedang hamil namun tetap nekat melakukan perjalanan jauh juga tidak dapat klaim asuransi. Kondisi tersebut memang lebih beresiko dan rentan untuk mengalami sakit dan kerugian lain sehingga sudah seharusnya tidak melakukan perjalanan.

Baca juga: Aplikasi Tiket Pesawat Terbaik Untuk Perjalanan Anda

Pentingnya Asuransi Perjalanan

Beberapa negara tertentu telah mewajibkan para turis yang ingin memasuki wilayah negaranya untuk memiliki asuransi sebagaimana paspor sebagai syarat masuknya. Negara yang memberlakukan syarat ini yaitu negara-negara di Eropa, Amerika, dan juga beberapa negara di benua Asia.

Demi kemudahan dalam perjalanan jauh tersebut, para pelancong sangat disarankan memiliki dan menyiapkan asuransi perjalanan terlebih dahulu. Pelancong dapat mengajukan permohonan asuransi melalui aplikasi asuransi tertentu atau bisa juga mendaftar melalui website yang tersedia.

Demikianlah pengetahuan singkat mengenai asuransi perjalanan luar negeri yang ternyata sangatlah penting untuk dipahami. Terutama untuk orang-orang yang sering atau saat ini sedang berencana untuk melancong ke luar negeri.

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *