MySOS, Aplikasi Traveller Wajib Saat Liburan ke Jepang

MySOS

Titiksinggah.com merupakan aplikasi dari negara jepang yang digunakan untuk memantau kondisi kesehatan dan rekam jejak kesehatan pengunjung negara tersebut. Dengan aplikasi ini traveller sudah tidak perlu lagi mengisi dokumen yang berhubungan dengan pandemi covid, karena dari aplikasi ini sudah disematkan mengenai data-data berupa riwayat vaksin dan riwayat kesehatan traveller tersebut. Berikut mengenai beberapa ulasan dan fitur yang disediakan aplikasi :

Sejarah

Aplikasi dibandara Jepang

sejatinya adalah aplikasi yang diciptakan untuk memudahkan para pengunjung yang akan mengunjungi negara jepang, sekaligus untuk memantau sejarah atau riwayat kesehatan para pengunjung yang digunakan untuk tahap pencegahan dan pengendalian pandemi covid 19. Jika anda sudah mengisi dokumen di aplikasi saat anda tiba dibandara di Jepang anda tidak perlu lagi mengisi dokumen kesehatan yang ada dibandara dan hanya langsung scan barcode aplikasi saja, karena dari aplikasi ini sudah terdapat dokumen lengkap mengenai data diri dan data vaksinasi pengguna aplikasi tersebut. Mungkin kalau di Indonesia aplikasi ini mirip dengan aplikasi Peduli Lindungi yang dikeluarkan pemerintah Negara Indonesia untuk membantu trace data penanggulangan wabah covid 19 yang ada. Namun perlu diingiat bahwa dalam Aplikasi sudah dibenamkan banyak fitur yang sangat berguna, selain menyimpan data riwayat kesehatan seseorang aplikasi ini juga menyediakan kontak darurat yang bisa dihubungi saat kita dalam kondisi kesehehatan darurat.

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata Di Grobogan Yang Layak Dikunjungi

Fitur Aplikasi MySOS

Aplikasi Traveller Saat Liburan Ke Jepang

Untuk fitur yang disediakan dalam aplikasi ini cukup simpel dan tidak terlalu banyak. Namun aplikasi ini dapat mempermudan dan mempercepat proses cek in saat memasuki Bandar Udara yang ada dijepang, sehingga kita perlu melakukan registrasi dengan mengisi formulir tentang kesehatan. Berikut beberapa fitur utamanya:

  • Berisi dokumen kesehatan pengguna, berisi dokumen kesehatan tentang wabah Covid 19 dan dengan mendaftarkan informasi rekam medis sobat sendiri, sobat dapat mendukung transmisi informasi ke tenaga medis dan kontak darurat ke keluarga saat pingsan atau kondisi emergency. Sobat singgah dapat dengan mudah mendaftarkan hasil tes, resep, riwayat vaksin. Dokumen ini dapat dengan mudah dipindahkan dengan team medis hanya dengan scan barcode yang ada di aplikasi ini. Dan bagian ini biasanya digunakan untuk traveller yang berkunjung ke negara tersebut.
  • Informasi kesehatan, sobat dapat mengelola informasi kesehatan sobat seperti suhu tubuh, tekanan darah, berat badan, dan jumlah langkah. Dimungkinkan juga untuk menautkan dengan OMRON connect dan Google Fit yang ada di smartphone sobat singgah semua.
  • Secara kolektif mengelola informasi medis keluarga, contoh dari informasi ini seperti informasi kesehatan, penyakit kronis, obat-obatan, riwayat resep, riwayat kunjungan rumah sakit, dokter keluarga, gambar medis, dll. dapat dibagikan di antara anggota keluarga. Untuk anak-anak dan orang tua yang tidak memiliki aplikasi, buat akun keluarga dan daftar informasi. Akun keluarga dapat dengan mudah ditransfer antar anggota keluarga dengan cara scan kode QR.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Makan di Kemang Dengan View yang Instagramable

  • Hasil pemeriksaan kesehatan
    Dengan mendaftarkan hasil pemeriksaan kesehatan, sobat dapat memeriksa perubahan dari waktu ke waktu. sobat dapat memeriksa data hasil pemeriksaan kesehatan dan citra medis seperti MRI di klinik yang berafiliasi.
  • Permintaan bantuan
    sobat dapat mengirim permintaan penyelamatan (SOS) kepada orang-orang yang telah menginstal MySOS atau yang telah mendaftarkan kontak darurat. Saat sobat menerima permintaan penyelamatan, sobat dapat menampilkan lokasi alarm dan lokasi sobat di peta, dan sobat juga dapat memandu rute. sobat dapat menelepon secara anonim dan gratis dengan akseptor ketika meminta bantuan.
  • Kontak darurat
    sobat dapat mendaftarkan informasi kontak (anggota keluarga, dll.) yang ingin sobat hubungi dalam keadaan darurat. sobat dapat melakukan panggilan telepon dan mengirim SMS ke kontak.

Baca juga: Curug Nangka, Curug Eksotis Dengan Aliran Air Jernih Pegunungan

  • AED, pencarian fasilitas medis
    sobat dapat memeriksa lokasi pemasangan AED dan rumah sakit di peta.
  • Panduan bantuan hidup dasar, Ketika ada pasien darurat ditemukan, MySOS akan mendukung penilaian situasi dan bantuan hidup dasar (BLS) sampai ambulans tiba.
  • Panduan pertolongan pertama
    Jika terjadi patah tulang, pendarahan, kejang, heat stroke, dll, kami akan memandu sobat melalui pertolongan pertama. Ini juga memberikan informasi tentang tindakan pencegahan yang harus diambil untuk mencegah kecelakaan. (Disediakan oleh Masyarakat Palang Merah Jepang)
  • Asuransi Saya, Panduan pediatrik darurat dsb.

Baca juga: Pantai Sanur, Pantai Cantik di Bali Yang Mendunia

Detail Aplikasi MySOS

Aplikasi Wajib saat Liburan Ke Jepang

Aplikasi MySOS tersedia di toko aplikasi App Store maupun Playstore, Untuk di playstore aplikasi ini pertama kali disilis tanggal 3 Nov 2015 dengan berhasil memperoleh download sebanyak 1 juta lebih download dengan mendapatkan jumlah rating bintang 4.3 dengan mendapat review sebanyak 2.54 ribu ulasan. Aplikasi ini dapat berjalan baik di sistem operasi android minimal 6.0 dan versi diatasnya. Untuk pembaharuan aplikasi terakhir mendapatkan pembaharuan pada tanggal 14 Desember 2022 dengan versi terbarunya adalah 3.2.11.

Demikianlah ulasan singkat kami mengenai aplikasi MySOS yang dapat membatu traveller untuk mempermudah dalam melakukan travelling ke negara Jepang. Oya sebelum menggunakan aplikasi ini sebaiknya sobat sudah melakukan vaksinasi Covid 19 sebanyak 3 kali, jadi saat sobat mengisi dokumen di aplikasi MySOS sobat sudah tidak kerepotan lagi. Pastikan juga sobat melakukan pengisian data-data dengan benar didalam aplikasi ini, karena nantinya data-data dari aplikasi ini akan di scan dibandara kedatangan dijepang dan database yang sudah kita inputkan tadi yang akan digunakan sebagai pengganti inputan manual kita saat di counter registrasi kedatangan di Bandara negara Jepang.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *