Informasi Yang Wajib Diketahui Tentang Wisata Grojogan Sewu

Titiksinggah.com atau lebih dikenal dengan Grojokan Sewu Tawangmangu merupakan tempat wisata berupa air terjun yang berada di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, tempatnya yang berada di lereng gunung lawu membuat suasana alam ditempat wisata satu ini tergolong sangat asri dan memiliki udara yang sejuk dan bebas dari asap polusi. Berikut ulasan detail mengenai wisata :

Sekilas Tentang

grojogan sewu tawangmangu
Sumber: Instagram/trisari_sembodo

Menurut sumber resmi dari Wikipedia merupakan air terjun yang berada di Provinsi Jawa Tengah.Terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun terletak di lereng Gunung Lawu. terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Air terjun merupakan bagian dari Hutan Wisata .

Baca juga: Pantai Karang Potong, Menikmati Suasana Pantai Dengan Cara Yang Berbeda!!!

Grojogan dalam bahasa Jawa berarti air terjun dan sewu berarti seribu. Sehingga Grojogan sewu berarti air terjun seribu. Meskipun secara harafiah berarti seribu air terjung tetapi dilokasi ini hanya terdapat satu air terjun utama dan beberapa air terjun kecil yang muncul disaat musim penghujan saja. Selain itu Kata sewu atau seribu disini berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang digunakan saat itu yang merupakan tinggi air terjun. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Air terjun tertinggi yang ada tingginya sekitar 81 meter. Ada pula air terjun yang tidak terlalu tinggi tetapi pancurannya meluas dan membentuk cabang-cabang. Bila sedang musim hujan, sekeliling tebing akan dihujani air terjun, tetapi saat musim panas, banyak air terjun yang kering.

Mitos Grojogan Sewu

Kreteg Pegat Grojogan Sewu
Sumber: Google Maps/massool

Tinggal di Indonesia yang memiliki berbagai ragam suku dan budaya membuat tempat wisata yang ada di beberapa lokasi memiliki cerita mitos yang berkembang dimasyarakatnya, hal berikut juga berlaku di Tempat Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu yang juga menyimpan cerita mitos yang berkembang, dimana Mitos ini berlaku untuk pasangan yang belum menikah, konon katanya menurut mitos yang berkembang dimasyarakat setempat bagi sepasang kekasih yang belum menikah jika berani melintasi jembatan “Kreteg Pegat” di depan air terjun, maka hubungannya akan putus, tidak sampai ke jenjang pernikahan.

Baca juga: Pantai Melasti – Pantai Indah Yang Nge Hits Di Bali

Fasilitas & Spot Menarik di Grojogan Sewu

Sumber: Google Maps/mido apriyadi

Untuk fasilitas yang disediakan di tempat wisata Grojogan Sewu terbilang cukup lengkap, kita mulai saja saat baru memasuki Loket 1 yang dikhususkan untuk pejalan kaki, sobat akan langsung disuguhkan dengan berbagai warung yang menyediakan beragam jenis olahan makanan khas daerah setempat yang sangat menggugah selera seperti sate kelinci, sate landak dan berbagai jenis masakan daerah setempat. Menikmati sate kelinci dengan ditemani suasa yang sejuk dan dingin tentu akan menambah kenikmatan santapan satu ini, bagi sobat yang berencana untuk mengunjungi tempat wisata satu ini wajib hukumnya untuk menikmati hidangan satu ini. Selain menyediakan berbagai warung kuliner tempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung lainnya seperti:

  • Kolam Renang Gratis untuk pengunjung wisata ini.
  • Jalanan menuju air terjung yang sudah dibuat permanen, sehingga memudahkan akses pengunjung untuk mencapai objek utama air terjun.
  • Disediakan selter atau gazebo dibanyak titik sepanjang trek menuju air terjun, sehingga bisa digunakan untuk wisatawan yang beristirahat atau untuk berteduk disaat hujan.
  • Selain beberapa fasilitas diatas juga disediakan fasilitas seperti toko oleh-oleh, tempat parkir yang luas, mushola, toilet, dan kamar ganti.

Baca juga: Sanghyang Heuleut, Hidden Gems di Bandung Dengan Pemandangan Eksotis

Harga Tiket Masuk Grojogan Sewu

Grojogan Sewu
Sumber: Instagram/trisari_sembodo

Bagi sobat yang berencana mengunjungi wisata satu ini, sobat akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp.22.000/orang untuk wisatawan domestik dan Rp.175.000/orang untuk wisatawan mancanegara. Harga tersebut berlaku baik weekday maupun weekend ya sob.

Baca juga: Owabong, Tempat Wisata Yang Bikin Anak Betah Main Air

Alamat & Jam Operasional Grojogan Sewu

grojokan sewu
Sumber: Instagram/halo.jateng

Untuk jam operasional dari tempat wisata ini mulai dibuka pukul 07.00 pagi sampai pukul 17.00 sore. Sedangkan untuk alamat lengkap dari Grojogan Sewu berada di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792. Atau jika sobat berasal dari luar kota sobat dapat mengikuti petunjuk Google Maps berikut ini: Maps Grojogan Sewu Tawangmangu

Demikianlah ulasan singkat kami mengenai Tempat Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu, tempat wisata ini sangat direkomendasikan untuk anda yang berniat untuk mencari ketenangan dari lelahnya hiruk pikuk keramainan kota dan penatnya aktifitas pekerjaan. Selain itu lokasinya yang mengharuskan kita untuk melewati 1000 anak tangga membuat kita dipaksa untuk sekalian berolahraga ringan tentunya. Bagi sobat yang berencana untuk mengunjungi tempat ini usahakan untuk berkunjung disaat hari biasa dan bukan hari libur, supaya liburannya lebih berkesan ya, tips lain jika mengunjugi tempat ini adalah pastikan sobat menyimpan bekal didalam tas yang tertutup rapat supaya tidak dirampas oleh monyet liar yang berada dikawasan wisata Grojogan Sewu ini.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *