Tempat Wisata di Cirebon Mengandung Banyak Sejarah yang Dapat Dipelajari

Tempat Wisata di Cirebon Mengandung Banyak Sejarah yang Dapat Dipelajari

Kota yang identik dengan sebutan kota udang, tentu membuat siapa pun ingin mengunjungi kota ini. Jika berkunjung ke Cirebon, tempat wisatanya menjadi tujuan utama dari para wisatawan. Memberikan pemandangan yang sangat indah tentu menjadi hal yang membuat pengunjung betah di di Cirebon. Tidak heran jika tempat ini setiap harinya ramai dikunjungi.

Indahnya pemandangan yang ada di Cirebon tentu membuat siapa pun jatuh cinta ke tempat tersebut dan bahkan ada yang menginap. Selain itu, keindahan yang disuguhkan tentunya tidak dapat dinikmati di yang lain. Maka dari itu, berikut pembahasan yang ada di Cirebon dengan pemandangan yang luar biasa:

1. Telaga Niren

sumber gambar: orami.co.id

 

Jika bingung untuk memilih spot foto yang dengan background pemandangan yang sangat indah, Telaga Niren lah pilihannya. Dikenal juga dengan nama Telaga Biru Cicerem ini memberikan suguhan air yang sangat jernih. Bukan hanya itu saja, suasana yang tercipta ketika berada di ini tentunya sangat sejuk.

Baca Juga: Inilah Daftar Tempat Wisata Di Indonesia Yang Sangat Memukau

Hal ini disebabkan karena sekitar telaga ditumbuhi dengan pepohonan yang sangat rindang. Bukan hanya hal tersebut yang menjadi daya tarik untuk mengunjungi ini, namun juga adanya puluhan ikan masa. Untuk masuk ke telaga ini, pengunjung cukup membawa uang Rp 5.000 saja sebagai HTM nya.

2. Bukit Gronggong

sumber gambar: sikidang.com

Bukan hanya telaga, tempat wisata di kota cirebon pun mempunyai Bukit Gronggong dengan HTM Rp3.000 untuk menikmati pemandangannya. Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat syahdu dan indah pada malam hari. Dimana sangat banyak lampu kerlap kerlip di pusat kota yang dapat dilihat dari atas bukit. Dengan begitu, nuansa romantis pun dapat tercipta pada tempat wisata di Cirebon ini.

Menariknya, wisatawan tidak akan merasa kelaparan ketika berada di bukit ini. Sebab lokasi Bukit Gronggong dipenuhi dengan pedagang yang menawarkan makanan utamanya jagung bakar. Memang memakan jagung bakar sambil menikmati pusat kota dari atas bukit merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan.

3. Pantai Kejawanan

sumber gambar: merahputih.com

Mempunyai lokasi di Pegambiran, Pantai Kejawanan merupakan salah satu tempat wisata yang lagi hits di cirebon menjadi pilihan wisatawan untuk menghabiskan waktu melihat keindahan laut. Semilir angin yang berhembus menciptakan ketenangan bagi para wisatawan saat berkunjung ke pantai ini. Sembari menikmati keindahan laut, para wisatawan juga bisa membeli makanan maupun minuman untuk mengisi perut.

Baca Juga: Ini Dia 10 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Selain itu, sangat banyak tempat untuk dijadikan spot foto yang keren dan cantik. Apalagi background pantai dengan pasir putihnya pun menambah keindahan dalam foto wisatawan. Tidak berhenti sampai disitu, wisatawan dapat menikmati indahnya laut dengan menyewa perahu. Mengenai HTM yang perlu disediakan sebelum masuk hanya Rp25.000 saja.

4. TAIS

sumber gambar: javatravel.net

Taman Ade Irma Suryani (TAIS) tempat wisata di cirebon yang lagi hits ini ternyata pernah diabaikan sebelum dijadikan tempat wisata di Cirebon. Pemandangan yang sangat indah ditawarkan TAIS saat ini membuat pengunjung jatuh cinta dan betah berada di taman ini. Menariknya karena suasana taman berbeda dengan suasana taman pada umumnya.

Jika berada di TAIS, pengunjung dapat menikmati sensasi taman air dan menyediakan jembatan kecil di atas air untuk digunakan pengunjung. Selain itu, disediakan juga rumah-rumah kecil yang dapat digunakan sebagai background untuk berfoto. Tiket masuk ke taman mulai dari Rp50.000 hingga dengan Rp65.000 saja untuk menikmati pemandangan yang disajikan.

5. Tempat Wisata di Cirebon Keraton Kasepuhan

sumber gambar: detik.com

Ada juga Keraton Kasepuhan yang dapat dikunjungi oleh wisatawan untuk mengenang kesultanan Cirebon. Keraton ini dijadikan sebagai keraton kesultanan pertama sehingga sangat banyak menyimpan sejarah terkait masa lalu. Dalam keraton, banyak benda peninggalan masa lampau yang dapat dilihat langsung oleh para wisatawan.

Benda-benda tersebut tentunya benda pusaka dari sultan Pangeran mas. Selain itu, di dalam keraton juga terdapat Kereta Singa dan biasa dimandikan setiap tanggal 1 Syawal. Jadi, pengunjung yang ingin melihat langsung proses pemandian Kereta Singa ini sebaiknya datang pada tanggal tersebut. Mengenai uang masuk ke Keraton, pengunjung bisa menyiapkan uang Rp20.000-Rp70.000.

6. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

sumber gambar: kompas.com

Umat Islam, wajib mengunjungi masjid ini pada saat berlibur ke Cirebon. Selain itu, masjid tersebut pun tentu menjadi masjid yang sangat tua di Kota Cirebon dan mempunyai ciri khas dari segi atap yang unik. Dikatakan unik karena ciri khas yang dimiliki oleh atap masjid tentunya berbentuk kemuncak dan berbeda dengan masjid lain.

Baca Juga: Menilik 7 Tempat Wisata di Karawang yang Punya Pemandangan Estetik

Selain itu, desain dari segi arsitektur masjid ini pun menerapkan dominasi antara pengaruh kerajaan Islam pada masa lampau. Bahkan pembangunan dari masjid ini banyak yang mengaitkan dengan ratusan tokoh yang mempunyai peran penting. Pengunjung atau wisatawan yang ingin berkunjung ke masjid ini tentunya tidak dikenakan biaya HTM.

7. Hutan Kera Plangon

sumber gambar: nativeindonesia.com

Jika pengunjung merupakan pecinta hewan utamanya kera, Hutan Kera Plangon dapat dijadikan sebagai tempat wisata di Cirebon. Hutan Kera Plangon memang memberikan suasana hutan yang dipadukan dengan habitat kera. Dengan begitu, kera bisa hidup di tempat wisata dan sudah dijinakkan oleh pengelola wisata pada saat berinteraksi dengan pengunjung.

Selain itu, ada juga ratusan anak tangga yang disediakan dengan tujuan agar pengunjung bisa melakukan kegiatan traveler ke puncak Bukit Plangon. Memang sangat menyenangkan apabila berkunjung ke tempat wisata ini karena mengajak wisatawan untuk berpetualang. Untuk masuk ke hutan ini, wisatawan cukup membawa uang Rp3.000 saja dan bisa mendapatkan banyak hal yang bermanfaat.

8. Gedung BAT

sumber gambar: rri.co.id

Saat berlibur, tidak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen yang dilakukan. Maka dari itu, wisatawan bisa berlibur ke Gedung BAT yang menerapkan gaya art Deco. Banyak makna yang tersimpan dalam gedung ini, dimana Gedung BAT pernah dijadikan sebagai industri rokok. Hal ini yang mengawali terjadinya kejayaan tembakau untuk Kota Cirebon.

Baca Juga: 7 Pesona Tempat Wisata di Purwakarta dengan Segenap Keindahannya

Selain itu, Gedung BAT kerap kali disebut sebagai gedung yang mempunyai arsitektur Belanda dengan keindahan yang laut biasa. Tidak heran jika gedung ini dijadikan sebagai spot foto sambil berlibur bersama dengan keluarga maupun kerabat. Menariknya, karena pengunjung tidak dikenakan biaya HTM untuk menikmati keindahan bangunan gedung.

9. Kampung Batik Trusmi

sumber gambar: detik.com

Berlibur sambil belajar bagi para pengunjung bisa memilih Kampung Batik Trusmi. Dimana kampung ini sudah menyediakan beragam jenis batik dengan motif yang berbeda. Kain batik ini pun bisa dibeli oleh pengunjung dan harga yang ditawarkan pun tentunya sangat terjangkau. Menariknya karena pengunjung bisa belajar membatik loh di tempat wisata ini.

Memang sangat menarik, nantinya warga sekitar akan mengajar para wisatawan yang ingin belajar membatik di tempat ini. Penyebab mengapa warga sekitar mempunyai kemampuan membatik karena diajarkan oleh Ki Gede Trusmi yang merupakan murid dari Sunan Gunung Jati. Menariknya karena pengunjung masuk ke kampung ini dan belajar membatik secara gratis.

Itulah penjelasan lengkap terkait dengan tempat wisata di Cirebon dengan menawarkan keindahan luar biasa. Selain itu, pengunjung juga dapat memperoleh pengajaran yang berharga saat berkunjung ke tempat wisata ini. Bagaimana tidak, pengunjung bisa belajar sejarah dari Kota Cirebon dan juga dapat mempelajari teknik membatik.

Sumber: selingkaran.com

You May Also Like

One Comment to “Tempat Wisata di Cirebon Mengandung Banyak Sejarah yang Dapat Dipelajari”

Leave a Reply

Your email address will not be published.