Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Magelang

Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Magelang

memiliki daya tarik yang tidak pernah ada habisnya. Pesona alamnya tidak kalah dengan kota-kota lainnya. Bagi siapapun yang berencana berlibur ke Jawa Tengah, bisa dijadikan tujuan dalam bucket list. Berikut ini ada tempat wisata di menarik untuk dikunjungi:

1. Candi Borobudur

Adalah tujuan wisata yang paling sering dikunjungi tepatnya berada di Jalan Badrawati, Borobudur. Candi yang tercatat sebagai candi Buddha terbesar di dunia ini dibangun antara 780-840 Masehi. Di candi ini, pengunjung bisa menikmati sunrise yang sangat memukau serta keasrian dari taman Lumbini.

Baca juga: Rekomendasi Villa di Lombok, Liburan Jadi Menyenangkan!

Selain itu, pengunjung juga bisa datang ke museum Candi Borobudur untuk melihat berbagai benda bersejarah. Tiket masuk ke candi bagi usia 10 tahun ke atas adalah Rp 50.000 sedangkan usia 3-10 tahun adalah Rp 25.000. Jika datang bersama rombongan minimal 20 orang maka akan mendapatkan tiket masuk Rp 25.000 saja.

2. Nepal Van Java

Tempat wisata di berikutnya berada di Dusun Butuh, Kaliangkrik yaitu Nepal Van Java. Pengunjung akan melihat pemandangan rumah penduduk yang mirip seperti di Negara Nepal. Lokasinya yang berada di ketinggian 1.620 Mdpl membuat udara di sekitar sangat sejuk.

Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati matahari terbit dengan jelas. Sedangkan di malam hari, pengunjung bisa melihat hamparan bintang di langit. Selain itu, pengunjung juga dapat mengambil beberapa gambar melalui spot foto yang tersedia di lokasi. Jika tertarik mengunjungi Nepal Van Java, pengunjung akan dikenai tiket masuk Rp 8.000.

3. Ketep Pass

sumber: travelspromo.com

Di ketinggian 1.200 Mdpl, menyuguhkan gardu pandang Ketep Pass untuk menikmati pemandangan Gunung yang mengelilingi . Mulai dari Merbabu, Sumbing, Merapi dan Sindoro. Lokasi Ketep Pass berada di Kecamatan Sawangan tepatnya di Jalan Blabak Boyolali. Di Ketep Pass pengunjung juga dapat datang ke Museum Vulkanologi untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai Gunung Merapi.

Di tempat ini, sangat memungkinkan bagi pengunjung untuk menikmati sunrise maupun sunset dari dekat. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menyaksikan pemandangan yang sangat indah sambil menikmati kuliner. Karena di Ketep Pass sudah terdapat restoran yang akan memanjakan lidah para pengunjung. Tiket masuk ke Ketep Pass adalah Rp 10.500 (weekdays) dan Rp 12.500 (weekend).

4. Silancur Highland

sumber: kompas.com

tempat wisata di Magelang lainnya yaitu Silancur Highland. Tempat wisata ini berada di Desa Mangli, Kaliangkrik atau di sebelah tenggara Gunung Sumbing. Pengunjung akan melihat pemandangan indah berupa pegunungan dengan dihiasi pepohonan yang hijau. Tidak heran jika Silancur Highland menjadi tempat yang direkomendasikan untuk menghilangkan penat maupun sekedar bersantai.

Baca juga: Rekomendasi Villa di Bandung Cocok untuk Staycation

Pengunjung bisa menyaksikan sunrise yang sangat menakjubkan. Sedangkan di malam hari, pengunjung akan disuguhkan pemandangan kota Magelang yang memanjakan mata. Di tempat ini tersedia kebun dengan beraneka ragam bunga. Adapun tiket masuk ke Silancur Highland akan dikenai sebesar Rp 10.000. Apabila pengunjung ingin berkemah maka perlu membayar Rp 15.000.

5. Awang-Awang Sky View

sumber: suwatu.com

Di Gunung Telomoyo, Kecamatan Ngablak terdapat tempat wisata Awang-awang Sky View yang dikenal sebagai titik terbaik untuk melihat pemandangan indah. Di tempat ini, pengunjung dapat menyaksikan indahnya Gunung Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Andong. Selain itu, di sini juga menyediakan hamparan hutan pinus yang dapat dilihat melalui dek kaca.

Tempat ini biasanya dijadikan sebagai spot foto sekaligus melihat pemandangan. Untuk mengunjungi Awang-awang Sky View, pengunjung bisa datang setiap hari. Karena destinasi wisata di Magelang ini buka sejak pagi pukul 8 sampai sore pukul setengah 7. Tiket masuk wisata Rp 15.000 dan sudah termasuk sandal untuk dipakai ketika berada di dek kaca.

6. Candi Selogriyo

Selain Candi Borobudur, Magelang juga menawarkan Candi Selogriyo yang berada di Desa Candisari, Windusari. Candi ini terletak di lokasi yang terpencil yaitu di antara bukit Giyanti, bukit Malang dan bukit Condong. Tidak heran jika pengunjung bisa memandang panorama pegunungan dengan udara yang menenangkan.

Candi yang merupakan peninggalan purbakala pada masa Mataram Kuno ini dibuka sejak pagi pukul 8 sampai sore pukul 4. Sementara tiket masuk yang harus dibayarkan adalah Rp 7.000 saja. Sedangkan bagi wisatawan asing harus membayar tiket sebesar Rp 25.000.

7. Wisata Terasering Site Gong

sumber: tribunnewswiki.com

Beralih ke Dusun Nampan yang ada di Desa Sukomakmur, Kajoran. Ada tempat wisata yang cukup terkenal yaitu Wisata Terasering Site Gong. Sesuai dengan namanya, pengunjung akan melihat indahnya hamparan persawahan terasering dengan latar Gunung Sumbing. Selain itu, disana juga menyediakan beberapa spot foto menarik.

Baca juga: Cari Perlengkapan Elektronik? Cek Toko Elektronik Semarang yang Dekat Dengan Anda

Paling favorit adalah gardu pandang 2 tingkat yang langsung menjulur ke arah persawahan. Agar bisa menikmati Wisata Terasering Site Gong, pengunjung bisa membayar Rp 5.000 untuk tiket masuk. Wisata Terasering Site Gong beroperasi pukul 06.00-17.00 dan dibuka setiap hari.

8. Wisata Getek Bambu

sumber: detik.com

Di Dusun Bujungan yang berada di Desa Candirejo, Borobudur ada destinasi wisata yaitu Getek Bambu. Wisata ini bisa dikunjungi setelah dari Candi Borobudur karena jarak dua tempat ini hanya 2 kilometer. Di sini pengunjung bisa menaiki gethek untuk melintasi hamparan Sungai Progo. Jika mengunjungi di sore hari pengunjung bisa menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbenam.

Untuk bisa merasakan pengalaman wisata yang lebih unik, pengunjung bisa menikmati paket wisata sekaligus paket makan di atas getek. Harganya yaitu Rp 25.000-Rp 100.000. Beberapa menu yang dapat dinikmati adalah bakso, mie ayam, soto dan makanan tradisional lainnya. Sementara untuk tiket naik getek yaitu Rp 30.000 yang memuat 6 orang.

9. Candi Umbul

sumber: wikipedia.org

Tempat wisata di Magelang menarik selanjutnya yaitu Candi Umbul yang bertempat di Grabag, Kartoharjo. Dalam bahasa Jawa, umbul memiliki arti keluarnya sumber air dari dasar kolam. Sedangkan candi ini dinamakan Candi Umbul karena bangunan candi tersebut berada di kolam. Di tempat ini terdapat 2 kolam dengan kandungan belerang di bagian atas.

Adapun kolam tersebut berisi air yang dingin dan dulunya merupakan tempat pemandian putri bangsawan. Agar dapat mengunjungi Candi Umbul, maka perlu membayar tiket RP 5.000 setiap orang. Sedangkan jam operasional Candi Umbul adalah setiap hari pukul 06.00-18.00.

10. Candi Mendut

Jika dari Candi Borobudur, Candi Mendut hanya berjarak sekitar 3 kilometer. Tepatnya berlokasi di Sumberejo, Kecamatan Mungkid. Candi yang merupakan peninggalan agama Buddha ini penuh dengan nilai sejarah. Di setiap reliefnya memiliki makna kehidupan yang dapat dipelajari.

Baca juga: 7 Rekomendasi Villa Terbaik di Yogyakarta, Dijamin Nyaman!

Maka dari itu, Candi Mendut merupakan wisata edukasi yang menawarkan sejarah, budaya sekaligus religi. Candi Mendut dibuka setiap hari Selasa sampai Minggu. Sedangkan biaya tiket masuk bagi wisatawan domestik adalah Rp 10.500 dan wisatawan asing Rp 20.500. Menariknya tiket tersebut sudah sekaligus mengunjungi Candi Pawon yang tidak jauh dari Candi Mendut.

Itulah beberapa tempat wisata di Magelang yang juga dijuluki kota Sejuta Bunga ini. Magelang memang sangat cocok masuk ke dalam daftar liburan saat berkunjung ke Jawa Tengah. Ada banyak pesona wisata di Magelang yang sangat sayang untuk dilewatkan. Terlebih hampir setiap bulan muncul destinasi wisata baru lainnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.