9 Pilihan Tempat Wisata di Purwokerto dan Sekitarnya yang Tak Boleh Dilewatkan

Tempat Wisata di Purwokerto dan Sekitarnya (1)

Titiksinggah.com – Jawa Tengah memiliki banyak kota dengan banyak pilihan destinasi wisata menarik. Misalnya saja seperti , yang memiliki pesona untuk dikunjungi. Pilihan di pun beragam, mulai wisata alam hingga edukasi.

Sebagai Ibukota Kabupaten Kebumen, tidaklah sebesar dan seterkenal kota lainnya seperti Semarang atau Solo. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada pilihan lokasi wisata menarik di dan sekitarnya. Berikut adalah beberapa pilihan destinasi wisata yang bisa dituju jika kebetulan sedang berada di :

1. Baturraden

sumber: Travelspromo.com

Daftar di Purwokerto dan sekitarnya tidak akan lengkap jika mengecualikan Baturraden. Objek yang satu ini bisa dibilang seperti one stop service jika sedang tidak punya waktu untuk mengunjungi banyak destinasi. Pasalnya, Baturraden merupakan sebuah kompleks lokawisata yang memiliki banyak wahana dan atraksi.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Medan yang Lagi Hits

Untuk yang ingin berbasah-basahan, di Baturraden bisa berendam di pemandian air panas. Bisa juga bermain di kolam renang atau mengayuh sepeda di atas air dengan sepeda air. Ingin melihat satwa pun tak sulit karena ada kebun binatang mini. Yang ingin terapi juga disediakan fasilitas doctor fish. Beragam spot foto menarik pun tak boleh dilewatkan demi feed Instagram yang estetik.

Baturraden sendiri merupakan sebuah kecamatan yang berjarak sekitar 7,5 Km di sisi utara Purwokerto. Terletak di kaki Gunung Slamet, menjadikan Baturraden memiliki banyak pemandangan apik yang sayang untuk tidak dikunjungi. Bagi yang akan berkunjung, dikenai biaya 14 ribu rupiah untuk bisa memasuki kawasan.

2. Bukit Sianco

sumber: liburanyuk.co.id

Bagi para sunset hunter, wajib datang ke Bukit Sianco saat berada di Purwokerto. Pemandangan alam yang tampak asri dan memukau telah menanti di ketinggian, dan akan bertambah indah ketika langit berubah senja.

Lokasinya ada di Desa Kalipoh, Ayah, Kabupaten Kebumen. Saat paling pas untuk datang ke sini adalah di sore hari ketika matahari mulai terbenam, meski begitu lokasi ini sudah buka sejak jam 9 pagi. Agar bisa masuk, setiap pengunjung dikenai tarif masuk 5 ribu rupiah.

Hanya saja, destinasi yang satu ini kurang disarankan bagi yang memiliki penyakit yang tidak memperbolehkan kelelahan fisik. Karena selain jalanan yang cukup menantang, perjalanan harus dilanjutkan dengan trekking untuk bisa sampai ke puncak bukit.

3. Watu Meja

summber: wisatainfo.com

Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, watu meja adalah batu yang berbentuk meja. Dinamakan demikian karena di lokasi ini secara sekilas bebatuan yang berada di tebing menyerupai bentuk meja.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Ciwidey yang Anti Itu-Itu Aja

Obyek ini berada di Jl. Raya Patikraja – Kebasen, tepatnya di Desa Bandar, Bukit Badar, Desa Tumiyang, Kebasen, Banyumas. Lokasi ini bisa didatangi sejak pukul 8 pagi dan baru akan ditutup pukul 6 sore. Setiap pengunjung diharuskan membayar 5 ribu rupiah sebagai tarif masuk.

Watu Meja menawarkan suguhan pemandangan dari ketinggian yang tidak biasa. Riuh kota yang terlihat dari ketinggian berdampingan dengan jajaran perbukitan di kaki Gunung Slamet dan aliran Sungai Serayu.

4. Taman Bunga Asmara

sumber: seringjalan.com

Ada juga di Purwokerto yang tak biasa. Bisa langsung datang saja ke Pantai Ambal di Desa Ambalresmi, Kec. Ambal yang masih masuk wilayah Kabupaten Kebumen. Di pantai ini, ada sebuah tanam bunga yang apik bernama Taman Bunga Asmara.

Ada beragam jenis bunga warna-warni di sini, dan serasa sedang berada di luar negeri. Selain warna-warni bunga sebagai latar foto, ada juga miniatur Tugu Monas dan instalasi berbentuk hati bertuliskan Asmara. Setiap pengunjung dikenai tarif sebesar 5 ribu rupiah per orang.

5. Small World

sumber: datawisata.com

Satu lagi destinasi yang menyediakan one stop service bagi pengunjung. Cukup datang di satu lokasi saja, dan berbagai latar foto ala landmark terkenal dari berbagai penjuru dunia pun bisa diperoleh. Pasalnya, Small World adalah sebuah taman yang menyajikan beragam miniatur landmark dari berbagai negara dan sudah buka sejak pukul 7 pagi sampai 5 sore.

Jadi, cukup datang ke Jl. Raya Baturaden Barat No. 270, Banyumas dan foto berlatar apik pun bisa diperoleh. Untuk tiket masuknya, pengunjung dewasa dikenai 20 ribu untuk Senin-Jumat dan 25 ribu rupiah untuk weekend dan hari libur. Sementara untuk anak-anak saat weekday dikenai tarif 10 ribu rupiah dan weekend beserta hari libur sebesar 15 ribu rupiah.

6. Curug Nangga

sumber: ksmtour.com

Belum puas dengan Small World, ada pula Curug Nangga yang juga menyerupai landmark dunia, Air Terjun Niagara. Aliran curug atau air terjun ini mengalir melalui 7 tingkatan yang serupa tangga. Jika dilihat dari ketinggian, hijaunya dedaunan dari pohon-pohon yang ada di sisi kiri dan kanan aliran air terjun terlihat sangat eksotis.

Baca juga: Rekomendasi 8 Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi

Lokasinya berada di Desa Petahunan yang masuk di wilayah Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Pengunjung bisa datang kapan saja, karena lokasi ini buka setiap hari dan tidak dibatasi jam kunjungan. Bagi yang ingin datang ke sini, siapkan uang sebesar 10 ribu rupiah untuk tiket masuk.

7. BBPTU HPT Manggala Farm

sumber: tribunnews.com

Belum puas dengan di Purwokerto yang tak kalah dari landmark dunia, masih ada yang lain lagi. Jika datang ke BBPTU HPT Manggala Farm, maka akan terasa seperti tengah berada di Selandia Baru. Di sini, pengunjung disuguhi suasana khas luar negeri dengan pemandangan sapi-sapi yang tengah merumput di perbukitan.

Bagi yang tertarik untuk mengajak anaknya datang, bisa langsung saja menuju ke Karang Tengah tepatnya di Dusun 4 Karangnangka, Depok. Secara administratif, lokasi ini masuk ke wilayah Kec. Cilongok, Kabupaten Banyumas. Hanya saja pastikan datang saat weekday pukul 8 pagi dan jangan lewat dari pukul 6 sore.

8. Geopark Karangsambung-Karangbolong

sumber: youtube.com

Ada juga wisata geologi bagi yang tertarik menyaksikan sisa peninggalan bumi di masa purba. Geopark Karangsambung-Karang Bolong merupakan bukti tertua dari lantai samudra yang ada di Asia. Total ada 41 titik situs geologi, 10 situs budaya, dan 8 situs biologi yang tersebar di 117 desa di 12 kecamatan.

Baca juga: Rekomendasi Villa Bagus di Puncak

Karena lokasi situs yang luas, sebaiknya datang saja ke LIPI Karangsambung di Jl. Karangsambung KM.19, Kabupaten Kebumen. Jam operasionalnya sendiri mengikuti hari kerja Senin-Jumat pukul setengah 8 pagi sampai 4 sore dan pengunjung tidak dikenai biaya alias gratis.

9. Hutan Pinus Limpakuwus

sumber: suaramerdeka.com

Satu lagi lokasi wisata kekinian yang tak boleh ketinggalan, Hutan Pinus Limpakuwus. Berlokasi di Desa Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas, pengunjung bisa pada pukul 8 pagi sampai 5 sore di hari apa saja. Untuk biaya masuknya, dikenakan tarif sebesar 10 ribu rupiah.

Di hutan pinus ini, ada berbagai spot foto menarik yang cocok untuk menghiasi laman media sosial. Jika belum puas, bisa menunggu sampai hari agak gelap, karena jembatan gantung yang ada di hutan ini diberi lampu sehingga makin terlihat indah. Apalagi, lokasi yang sejuk dan tenang, bisa menjadi lokasi healing yang tepat dari aktivitas yang padat.

Ada beragam pilihan di Purwokerto dan sekitarnya yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Jadi ketika berada di Purwokerto, luangkan waktu untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di sana.

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *