10 Tempat Wisata di Majalengka yang Sedang Hits, Wajib Dikunjungi!

Tempat Wisata di Majalengka yang Sedang Hits

Titiksinggah.com – Keberadaan Bandara Internasional Kertajati menjadikan Kabupaten Majalengka menjadi destinasi penting di Jawa Barat. Tak ayal, banyak orang pun mencari informasi tentang di Majalengka, sebagai antisipasi kalau-kalau harus menunggu waktu penerbangan. Bisa juga, setelah mengantar kerabat ke bandara dan ingin sekedar berjalan-jalan.

Sebagai lokasi yang juga dikenal sebagai daerah lumbung padi nasional, Majalengka menyimpan keindahan alam yang memukau. Hamparan sawah hijau dengan konsep terasering banyak tersaji di hampir sepanjang jalan. Jika belum puas, coba berkelana sedikit ke lokasi-lokasi wisata berikut ini:

Baca juga: 9 Pilihan Tempat Wisata di Purwokerto dan Sekitarnya yang Tak Boleh Dilewatkan

1. Gunung Ciwaru

sumber: travelspromo.com

 

Tak cukup dengan pemandangan persawahan, coba berkunjung ke di Majalengka yang satu ini. Atraksi yang ditawarkan di Gunung Ciwaru adalah pemandangan rimbun pepohonan dari ketinggian.

Untuk bisa sampai di puncak, pengunjung diharuskan untuk meniti anak tangga. Jadi, sangat tidak disarankan bagi yang memiliki keterbatasan fisik atau yang memiliki penyakit dan tidak boleh kelelahan.

Setiap pengunjung akan dikenai tarif masuk sebesar 15 ribu rupiah per orang. Lokasinya sendiri berada di Jl. Desa Payung, Desa Pajajar, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka.

2. Majalengka Campervan

sumber: pigijo.com

Tidak puas hanya mengunjungi satu lokasi saja, bagaimana jika mencoba Majalengka Campervan. Konsep wisata ini adalah dengan menyewa mobil camping dan bisa digunakan untuk berkeliling Majalengka. Jadi, wisatawan bisa berhenti dan mendirikan tenda camping di lokasi manapun yang sudah ditentukan oleh pengelola.

Agar bisa menikmati Campervan, tarif yang dikenakan adalah sebesar 1,6 juta rupiah untuk paket 2 hari 1 malam. Jika kurang puas, bisa juga memilih paket 3 hari 2 malam dengan biaya 3,2 juta rupiah. Biaya tersebut sudah lengkap dengan bahan bakar, bensin, tiket wisata, pemandu, dan makan. Jika tertarik, bisa menghubungi di nomor 0811 2239 3331.

3. Cikadongdong River Tubing

sumber: bijb.co.id

Bagi yang suka berwisata ekstrem yang memacu adrenalin, cobalah atraksi river tubing di Sungai Cikadongdong. Aliran sungai mengalir dari hulu di Gunung Ciremai dan memiliki arus deras yang cocok untuk river tubing.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung, Cocok untuk Dinikmati Bersama Keluarga

Tarifnya yang dikenakan untuk paket reguler adalah sebesar 35 ribu rupiah dan paket ekstrem sebesar 90 ribu rupiah. Jika tertarik, langsung saja datang ke Desa Payung, Teja, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Wahana river tubing buka pukul 10 pagi dan tutup pukul setengah 5 sore di hari biasa. Sementara saat weekend, atraksi river tubing buka lebih awal pada pukul 9 pagi dan waktu tutupnya tetap.

4. Paraland

sumber: hargaticket.com

Lebih suka dengan ketinggian daripada berbasah-basahan di sungai, ada satu di Majalengka yang bisa jadi alternatif. Namanya, Paraland yang merupakan kependekan dari Paralayang Adventure Land. Bagi yang kurang berani untuk memacu adrenalin dengan berparalayang, disediakan pula fasilitas lain untuk sekedar duduk-duduk dan bercengkrama.

Tiket masuk yang harus dibayar pengunjung pada hari biasa adalah 10 ribu rupiah dan di hari libur serta weekend adalah 15 ribu rupiah. Sementara bagi yang tertarik untuk berparalayang, biayanya sebesar 350 ribu rupiah untuk tandem dan 450 ribu rupiah untuk gantole.

Lokasi Paraland ini berada di Desa Sidamukti, Kecamatan Munjul, Kabupaten Majalengka. Jam operasionalnya dimulai sejak pukul 10 pagi sampai 8 malam. Saat akhir pekan dan hari libur, lokasi ini buka 1 jam lebih awal pada pukul 9 pagi dan tutup 1 jam lebih akhir pada pukul 9 malam.

Baca juga: Rekomendasi Villa di Bandung Cocok untuk Staycation

5. Kebun Teh Cipasung

sumber: piknikasik.com

Tak harus ke Bogor atau Lembang untuk menikmati pemandangan kebun teh. Di Majalengka juga ada Kebun Teh Cipasung di Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka. Untuk bisa memasuki lokasi kebun teh ini, biaya masuk yang perlu dibayar setiap pengunjung adalah sebesar 5 ribu rupiah.

Di lokasi ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan khas kebun teh yang cocok untuk dijadikan latar foto untuk dipajang di media sosial. Pastikan kondisi tubuh wajib dalam kondisi prima, karena pengunjung diharuskan untuk berjalan kaki.

6. Curug Ibun Pelangi

sumber: nativeindonesia.com

Curug alias air terjun ini menawarkan pemandangan yang tak biasa, yaitu adanya bias pelangi yang sayang untuk dilewatkan. Bias cahaya matahari yang terpantul lewat percikan air menciptakan panorama magical. Sayangnya, untuk bisa menikmati pemandangan terbaik, waktu berkunjung haruslah ketika musim kemarau sekitar Bulan Agustus-September pukul 8-10 pagi.

Jika kebetulan sedang berada di Majalengka pada waktu tersebut, datang saja ke Desa Sukadana, Kecamatan Argapura. Pastikan untuk meminta izin kepada warga desa setempat dan minta untuk didampingi demi faktor keamanan. Biaya yang diperlukan sebagai tarif masuk adalah sebesar 15 ribu rupiah saja.

7. Talaga Herang

sumber: ensiklopediaindonesia.com

Ada lagi di Majalengka yang cocok untuk dijadikan sebagai lokasi healing. Berada di Lengkong Kulon, Kecamatan Sindangwangi, pengunjung akan disuguhi pemandangan asri dan tenang khas pedesaan sepanjang jalan menuju ke telaga. Untuk bisa masuk ke obyek wisata ini, tarif yang perlu dibayar cukup sebesar 5 ribu rupiah saja.

Talaga ini dihuni oleh ikan koi besar yang bisa terlihat jelas dari permukaan karena airnya yang sangat jernih. Pengunjung juga bisa masuk ke dalam air dan berenang bersama ikan-ikan secara langsung.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Ciwidey yang Anti Itu-Itu Aja

8. Taman Dinosaurus

sumber: nativeindonesia.com

Sedikit berbeda dari destinasi wisata yang telah disebutkan sebelumnya, selanjutnya ada Taman Dinosaurus. Bagi yang membawa anak kecil, lokasi wisata edukasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Awalnya taman ini merupakan properti pribadi, yang kemudian dibuka untuk umum pada 1999.

yang berada di Lemah Putih, Kecamatan Lemahsugih, Majalengka ini memiliki beragam atraksi untuk keluarga. Ada lapangan golf, taman agrowisata, kolam renang, dan masih banyak lagi. Biaya masuk yang perlu dibayarkan adalah sebesar 10 ribu per orang.

9. Museum Talaga Manggung

sumber: pasundan.id

Pernah mendengar tentang Kerajaan Talaga Manggung yang pernah berkuasa di Majalengka di sekitar abad ke-14. Kerajaan Hindu ini masih terkenal hingga sekarang karena dikenal raja-raja yang adil dan negara yang makmur.

Di lokasi wisata edukasi sejarah ini, bisa dijumpai berbagai peninggalan milik Kerajaan talaga Manggung. Jika tertarik untuk berkunjung, datang saja ke Desa Talaga Wetan, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka tepatnya di Jl. Talaga Majalengka No. 1. Museum ini mulai beroperasi pukul 7 pagi sampai 6 sore setiap harinya dengan dikenai tarif masuk sebesar 5 ribu rupiah.

10. Telaga Nila

sumber: atourin.com

Lokasi wisata yang terakhir pada daftar ini seringkali disebut sebagai hidden gem-nya lokasi wisata yang ada di Majalengka. Telaga Nila menyajikan panorama air telaga yang biru kehijauan layaknya di gambar-gambar National Geographic. Warna ini diperoleh karena jernihnya air memantulkan hijaunya rimbun dedaunan yang ada di sekitar telaga.

Baca juga: Rekomendasi Villa Bagus di Puncak

Untuk melihat langsung keindahan alam ini, langsung saja datang ke Desa Jerukleueut yang ada di Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Pengunjung akan dikenai tarif masuk sebesar 10 ribu rupiah dan buka pada pukul 8 pagi serta tutup pukul 5 sore setiap harinya.

Semua tempat wisata di Majalengka bisa dikunjungi ketika sedang berada di Majalengka dan punya waktu untuk berkeliling. Jika belum sempat, coba luangkan waktu untuk menyaksikan secara langsung keindahan alam yang dimiliki oleh Majalengka.

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *