7 Tempat Wisata di Labuhan Bajo dengan Pemandangan Alam Terbaik

Titiksinggah.com – Bicara soal di labuhan bajo terlebih dahulu kami akan memperkenalkannya, Labuan Bajo merupakan salah satu kota yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Bicara soal di labuhan bajo memang tidak bisa dilepaskan dari eksotisme pemandangan alam yang memukau dan memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Labuhan bajo sendiri dimasukkan dalam destinasi wisata Super Prioritas yang ada di indonesia dengan tag line nya Wonderfull Indonesia, Wonderfull Labuan Bajo. Maka dari itu untuk pengembangan fasilitas dan promosinya tentu labuhan bajo masuk dalam dukungan penuh pemerintah Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia  (Kemenparekraf RI). Bahkan berita terhangatnya Labuan bajo sudah memiliki bandar udara sendiri dengan nama Bandar Udara Komodo, bandara ini telah diresmikan bulan Juli 2022 yang lalu. Bagi sobat singgah yang berencana berlibur ke labuhan bajo menggunakan jalur udara, sobat singgah harus terlebih dahulu melakukan transit ke bandara yang ada di Bali maupun Lombok, karena untuk saat ini semua penerbangan dari wilayah indonesia yang hendak datang ke Labuan Bajo harus transit di Bali ataupun Lombok dikarenakan di Bandar Udara Komodo belum bisa menampung pesawat dengan ukuran besar. Berikut detail di Labuhan Bajo dengan Pemandangan Alam Terbaik yang titiksinggah rangkumkan buat sobat semua..

sumber: Shutterstock Surgey Uryadnikov

adalah salah satu di Labuhan Bajo yang berada di taman nasional komodo, ini menawarkan banyak sekali paket tour, diantaranya melihat aktifitas komodo dari dekat, melakukan Snorkeling, Diving,Trekking, berburu sunset dan masih banyak sekali aktifitas lainnya. Selain hewan komodo juga merupakan habitat dari 277 spesies hewan yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia. bahkan 25 spesies diantaranya merupakan hewan yang dilindungi. Untuk harga tiket masuk bagi wisatawan lokal Rp.5.000 untuk hari biasa dan Rp.7.500 untuk hari libur. Bagi wisatawan mancanegara harga tiket masuknya Rp. 150.000 dan Rp.225.000 untuk hari libur. Namun ada beberapa wacana jika tahun depan untuk harga tiket masuk & pulau padar menjadi Rp.3.750.000. Makanya mumpung masih murah, yuk liburan ke .. hehe

Pulau Rinca

sumber: travel.detik.com

Pulau Rinca adalah sebuah pulau kecil dekat Pulau Komodo, Untuk mencapai Pulau Rinca, sobat singgah perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih dua jam dengan perahu dari Labuan Bajo. Tempat wisata yang satu ini selain menyuguhkan pemandangan alam yang indah juga terdapat hewan komodo, bahkan ada isu bahwa jika besok harga tiket di Pulau Komodo naik jadi 3,75 Juta, maka alternatif lain jika anda ingin melihat hewan komodo adalah dengan mengunjungi pulau Rinca, karena untuk harga tiket di pulau ini tidak mengalami kenaikan. Oya sobat singgah mimin lupa untuk membagikan informasi bahwa untuk menemui komodo secara langsung sobat singgah perlu ditemani oleh ranger, jadi setelah sobat sampai di dermaga, sobat akan diarahkan ke pos penjagaan kemudian didampingi dengan ranger untuk melihat hewan komodo, alasan lain sobat harus ditemani ranger karena selain hewan komodo di pulau rinca juga terdapat hewan buas lain seperti babi hutan dan kerbau liar. Untuk harga tiket masuknya pulau sebesar Rp.50.000 belum termasuk jasa pengawalan ranger.

Pulau Padar

sumber: kupang.tribunnews.com

Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau ini relatif lebih dekat ke Pulau Rinca daripada ke Pulau Komodo. Pulau padar sendiri memiliki keunggulan pada lenscape alamnya yang paling juara diantara pulau-pulau lain yang ada di labuhan bajo. Pulau ini juga menjadi tempat terbaik untuk menikmati indahnya pemandangan sunset atau sunrise yang sangat megah nan indah.

Baca juga: 9 Pilihan Tempat Wisata di Purwokerto dan Sekitarnya yang Tak Boleh Dilewatkan

Jika anda sulit untuk mengakses tempat ini pada waktu petang dan malam untuk mengambil foto sunset & surise anda juga bisa berkemah atau mendirikan tenda ditempat ini. Tapi untuk berkunjung ke pulau ini anda diharuskan memiliki fisik yang prima ya, karena sobat singgah harus melewati  818 anak tangga. Dan untuk harga tiket masuknya pulau padar sendiri mematok harga Rp.150.000 per orang.

Pink Beach

sumber: ANTARA FOTO/ Rival Awal Lingga

Pink Beach atau sebutan lainnya pantai merah adalah salah satu pantai tercantik di pulau komodo, dimana sesuai namanya pasir pantai ini memiliki warna merah muda sehingga sangat indah sekali dipandang dan sangat menarik untuk dijadikan spot foto. Selain wisata pantai yang indah pink beach juga menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat memukau karena kejernihan airnya dan terumbu karang yang sangat megah, selain itu tempat ini juga memilki arus bawah laut yang cukup kuat sehingga untuk menikmati wisata bawah airnya pastikan anda ditembani oleh guide yang berpengalaman ya. Untuk tiket masuk wisatawan lokal Rp. 10.000 untuk wisman Rp. 50.000 dan untuk sewa kapal public boat mulai dari Rp.40.000 dan untuk private boat tarifnya mulai dari Rp. 900.000.

Baca juga: Rekomendasi 7 Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi

Taka Makassar

sumber: floresku.com

Taka makassar merupakan pulau tak berpenghuni yang memiliki pasir putih dan memiliki besar hanya selapangan bola, untuk memasuki pulau ini sobat singgah juga hanya bisa menggunakan perahu boat sewaan yang bisa disewa secara bersama atau sendiri (private boat). Tempat ini juga merupakan tempat yang bagus untuk berswafoto. Untuk masuk kesini anda tidak perlu membayar tiket masuk dan hanya membayar sewa perahu saja.

Pulau Kelor Labuhan Bajo

sumber: ayotraveling.co.id

Pulau Kelor terletak cukup dekat dengan Kota Labuan Bajo. Kalau berlayar menggunakan kapal kecil, waktu tempuhnya tak sampai 30 menit. Bahkan biaya sewa kapal untuk menuju pulau ini berkisar Rp 600 ribu pergi-pulang. kapal dengan harga sewa tersebut aman untuk menampung kurang lebih 4 pengunjung. Ditempat ini anda juga bisa mendirikan tenda untuk berkemah, namun perlu diingat karena pulau ini merupakan pulau tak berpenduduk, sobat disarankan untuk membawa logistik yang cukup lengkap. Selain berkemah sobat singgah juga bisa menikmati pemandangan alam bawah lautnya, dikarenakan tempat ini memiliki perairan dangkal yang jernih dan tenang serta tersimpan taman laut yang memanjakan melalui komposisi terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni maka dari itu Snorkeling atau free diving merupakan kegiatan lain yang menarik untuk dilakukan.

Rekomendasi 8 Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi

Gili Lawa

sumber: liputan6.com

Gili lawa atau Gili aba merupakan sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang terletak di Taman Nasional Komodo, Bagi mereka yang berkunjung diabuhan bajo Gili Lawa merupakan tempat paling direknomendasikan sebagai tempat wisata di labuhan bajo yang wajib dikunkungi. Pulau ini menawarkan pemandangan perbukitan yang cantik dengan padang rumput yang menghampar luas ditemani oleh birunya lautan disekelilingnya. Padang rumput disini memiliki daya tarik yang sangat kuat karena akan berwarna hijau segar saat musim penghujan dan akan berwarna kuning saat musim kemarau. Namun berita terbarunya tempat ini masih ditutup sementara waktu dikarenakan masih berlangsungnya pemulihan ekosistem padang sabana di pulau gili lawa darat yang terdampak kebakaran pada minggu 21 Agustus 2022 yang lalu.

 

Itulah beberapa Tempat Wisata di Labuhan Bajo dengan Pemandangan Alam Terbaik yang berhasil titiksinggah rangkum untuk sobat semua. Alam Indonesia timur memang menawarkan eksotisme alam yang memukau dan memiliki daya tarik tersendii untuk wisatawan lokal bahkan mancanegara, bahwan tak bisa dipungkiri setelah mendengan keindahannya kita akan sangat tertarik untuk mengunjunginya.  Nah setelah membaca beberapa rekomendasi tmpat wisata dilabuhan bajo diatas apakah sobat singgah tertarik juga untuk mengunjungi labuhan bajo… Kalau tertarik ayo mulai direncanakan dari sekarang. hehe salam singgah..

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *