12 Spot Wisata Gunung Bromo Terbaik dan Terpopuler

Titiksinggah.com – Wisata memang menjadi magnet tersendiri untuk dikunjungi, tak heran jika objek wisata ini dapat menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. sendiri merupakan sebuah gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.329 mdpl dan letusan terakahir terjadi pada tahun 2019 silam. Berikut Rangkumannya untuk anda:

Kawah Bromo

sumber: tourdejava.net

Wisata yang paling pertama akan titiksinggah ulas adalah kawah bromo, kawah bromo sendiri merupakan kawah gunung api aktif yang masih terus mengepulkan asap putihnya, kawah bromo sendiri mempunyai diameter sekitar 800m dan memiliki kawasan berbahaya yang memiliki diameter jari-jari kurang lebih 4km. Sebelum menikmati keindahan wisata kawah bromo wisatawan diharuskan untuk melakukan sedikit pendakian berupa anak tangga permanen yang berjumlah 260 anak tangga. Setelah sampai di atas puncak anda dapat melihat langsung ke kawah utama yang masih aktif dan kadang mengeluarkan banyak asap putih dan sedikit bau belerang. Selain ketakjuban melihat pemandangan kawahnya sobat juga akan dapat menikmati pemandangan hamparan lautan pasir yang luas perbukitan dan beberapa lenscape hijau dari padang rumput perbukitan disebrang lautan pasir. Untuk harga tiketnya dimulai dari Rp. 27.500 dan Rp.217.500 untuk wisatawan mancanegara, namun harga ini belum termasuk tiket masuk kendaraan ataupun sewa jeep ya.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Labuhan Bajo dengan Pemandangan Alam Terbaik

Pasir Berbisik

sumber: hunirayagroup.com

Pasir berbisik ini merupakan disekitaran dimana sebelum mendaki ke kawah bromo kita terlebih dahulu melewati pasir berbisik ini, lokasi ini juga sering menjadi spot foto yang instragramable dan sering dijadikan spot foto untuk prewedding. Selain menikmati pemandangan lautan pasir yang luas sobat singgah juga dapat melakukan kegiatan menunggang kuda, mengendarai jeep, dan mengendarai motor trail yang ada untuk disewakan. Untuk harga tiket nya dimulai dari Rp. 29.000 wisatawan domestik dan Rp. 220.000 untuk wisatawan mancanegara. Dan jika sobatsinggah akan ingin menunggang kuda sobat singgah dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 150.000, untuk sewa jeep Rp. 500.000, dan untuk sewa motor trail Rp.250.000.

Pura Luhur Poten

sumber: orbitmetro.com

Pura Luhur Poten adalah pura yang terletak di kaki yang juga masih satu areal di lautan pasir bromo. Pura ini adalah tempat persembahyangan umat Hindu Tengger yang masih digunakan untuk acara peribadatan umat tengger tersebut. Jika sobat ingin mengunjungi tempat ini sebaiknya sobat mengabadikan dari luarnya saja. karena tempat ini sangat sakral untuk umat hindu tengger, sehingga tidak sembarangan orang boleh memasuki kawasan pura ini.

B 29 Argosari

sumber: tempatwisata.pro

B 29 Argosari adalah nama puncak disekitar gunung bromo yang memiliki ketinggian 2.900mdpl. Tempat ini merupakan salah satu lokasi terbaik untuk melihat sunrise di gunung bromo, karena tempatnya yang tinggi tempat ini juga merupakan tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan negri diatas awannya. Untuk menikmati pemandangan disini bisa dilakukan dengan berkemah atau menyewa homestay dari penduduk sekitarnya. Untuk harga tiket masuknya hanya sebesar Rp.5.000.

Penanjakan 1

sumber: bromoguide.com

Penanjakan 1 merupakan spot Sunrise Bromo terbaik yang terletaknya di arah barat daya gunung Bromo dan pada ketinggian 2.774 mdpl. Perlu sobat ketahui bahwa penanjakan 1 adalah puncak tertinggi untuk melihat gugusan gunung-gunung di sekitar area Bromo, sehingga sudah bisa dipastikan view disini menjadi paling juara jika sobat pengincar pemandangan lenscape yang luas. Untuk tempat ini juga disediakan ojek motor dari parkiran sampai ke tangga, tarifnya sekitar Rp.10.000 dan untuk biaya parkir sekitar Rp.10.000 per kendaraan.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Medan yang Lagi Hits

Penanjakan 2

Pernanjakan 2 atau disebut Seruni point merupakan tempat populer untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan. hal ini dikarenakan view nya yang ciamik, karena anda akan menyaksikan gunung bromo dari ketinggian yang cukup untuk melihat lenscape alam disekelilingnya. Ditempat ini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk  menikmati matahari terbit dikawasan gunung bromo. Untuk harga tiket masuk seruni point sekitar Rp.27.000 belum termasuk biaya restribusi kendaraan.

Padang Rumput Savana

sumber; ihsantravel.com

Padang Rumput Savana merupakan hamparan padang rumput yang sangat luas indah dan menarik. Padang Savana Bromo yang juga di kenal dengan nama “Lembah Jemplang”, tidaklah sebatas terdiri dari padang rumput saja, tapi hamparan rumput ini juga terdiri dari bukit bukit yang sangat indah, oleh sebab itulah Savana di Bromo ini selalu masuk dalam daftar tujuan program Paket Wisata Bromo.

Bukit Teletubbies Bromo

sumber; detik.com

Bukit Teletubbies Bromo merupakan satu lokasi dengan padang rumput savana bromo, sehingga beberapa orang menyebut dan bahkan menyamakan antara padang rumput savana dengan bukit teletubbies.

Bukit Mentigen

sumber: kompas.com / Wahyu Adityo Prodjo

Bukit ini merupakan salah satu titik di Cemoro Lawang, Ngadisari, Probolinggo. Lokasi Mentigen tak jauh dari pintu masuk Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru di Cemoro Lawang. Bila anda ingin menjangkau tempat ini dengan berjalan kaki, maka jarak tempuhnya hanya sekitar satu kilomerter dari gapura Selamat Datang di Objek Wisata Seruni atau sekitar 10 menit berkendara dengan kendaraan roda dua.

Bukit Kingkong

sumber: Instagram/@bukitkingkong

Bukit Kingkong atau nama aslinya Bukit Kedaluh terletak di bawah Bukit Penanjakan 1 atau lebih tepatnya berjarak sekitar 2,5 kilometer dari puncak Penanjakan 1 Bromo, sehingga akses masuk menuju bukit Kingkong tidak terlalu menanjak. Bukit Kingkong sendiri memiliki ketinggian 2.700 mdpl, sehingga dari bukit ini juga sobat singgah bisa menikmati indahnya pemandangan kaldera Tengger.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Ciwidey yang Anti Itu-Itu Aja

Bukit Cinta

sumber: explorebromo.com

Bukit cinta adalah Spot yang berada diketinggian 2.680 mdpl. Untuk sekarang tempat ini lebih populer dengan sebutan Love Hill. Hal ini disebabkan karena adanya tembok besar bertuliskan ‘Love Hill Bromo Tengger’ sebagai penanda lokasi sekaligus tempat berfoto.

Bukit Bulu

sumber: Youtube-Kaliandra atmojo

Bukit bulu merupakan satu tempat dengan padang savana bromo, tempat ini disebut bukit bulu karena banyak ditumbuhi bungan ilalang sehingga saat musim berbung, bunga-bunga dari rumput ilalalang ini akan terluhat seperti hamparan bulu yang sangat luas diperbukitan. Tempat ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan hijaunya permadani alam savana bromo dengan cara bersepeda, bahkan beberapa club sepeda besar yang ada dipulau jawa (malang) sering melakukan gowes bareng ditempat ini.

Itulah beberapa eksotisme wisata gunung bromo yang terbaik dan terpopuler yang berhasil titik singgah rangkum untuk sobat semua. Mungkin akan ada beberapa informasi yang mengalami perubahan seperti megenai harga dan akomodasi tempat wisatanya, karena itu akan lebih baiknya jika sobat mendatangi tempat ini agar dapat ditemani kerabat atau teman yang memiliki tempat tinggal terdekat dengan lokasi wisata tersebut, kalaupun sobat tidak memiliki teman atau kerabat dekat bromo, sobat singgah bisa meggunakan jasa tour guide atau membeli paket wisata yang sudah banyak dijual online. Semoga informasi diatas bermanfaat ya..

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *