Berburu Ketenangan pada 7 Tempat Wisata di Pangalengan yang Menakjubkan

Tempat Wisata di Pangalengan yang Menakjubkan

Titiksinggah.com – Pangalengan, Bandung selama ini menjadi destinasi pilihan bagi orang-orang perkotaan yang ingin berburu sekedar ketenangan. Pasalnya, begitu banyak hal menunjang tersedia di sini, mulai dari alam, fasilitas hiburan hingga kehidupan budaya masyarakatnya yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi, ada sejumlah di Pangalengan yang selalu jadi rujukan. Lantaran tidak hanya indah saja, namun juga menentramkan.

Ingin tahu di Pangalengan mana saja yang patut dikunjungi untuk mendapatkan sensasi ketenteraman tersebut? Sebaiknya, baca uraian di bawah ini untuk menemukan semua jawabannya! Lantaran di sini akan diterangkan banyak hal mengenainya. Mulai dari informasi destinasi, lokasi, dan tiket masuknya yang barangkali bisa jadi referensi untuk menyusun rencana perjalanannya nanti, sebagai berikut:

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Majalengka yang Sedang Hits, Wajib Dikunjungi!

1. Cukul Sunrise Point

sumber: gotravelindonesia.com

Menyusuri di Pangalengan dapat dimulai sejak pagi hari sekali, khususnya untuk memburu hawa hangat dari pesona terbitnya matahari. Terkait hal ini, ada tempat favorit yang selalu ramai didatangi oleh pelancong yang datang dari pelbagai kawasan. Tempat tersebut ialah sunrise point yang berlokasi di area jalan Cukul, tepatnya di desa Sukaluyu, Pangalengan.

Saat tiba di sana, pelancong awalnya akan disambut dengan udara dingin ala negeri di atas awan, karena tempat ini sendiri punya tinggi 1600 Mdpl. Lalu juga akan disambut dengan hamparan lahan hijau subur yang membuat mata terasa terpesona. Sampai kemudian, matahari menampakkan rupanya menjadikan panorama yang luar biasa ditambah sensasi hangat yang menyentuh kulit hingga tulang. Pastinya ini akan jadi pengalaman mengesankan.

Menariknya, bila ingin datang ke tempat ini, maka akses jalannya sangat mudah untuk dilalui. Selain itu terkait tiket harga yang ditawarkan pun sangat murah dan aman untuk budget pelancongan. Bayangkan saja, hanya dengan mengeluarkan uang senilai 10 ribuan saja, seluruh pesona keindahan sunrise point di Pangalengan ini sudah bisa didapatkan!

2. Perkebunan Teh Malabar

sumber: wisataidn.com

Saat melihat tayangan di sinetron atau film TV, kerap ada scene yang menunjukkan perkebunan teh hijau yang indah dan menyejukkan. Panorama seperti itu juga ada di Pangalengan. Tepatnya di area perkebunan Malabar yang menawarkan keindahan dan kesejukan tanaman teh yang luasnya hingga ribuan hektar. Sehingga selain bebas berjalan-jalan menikmati udara menyegarkan, pelancong juga bebas memotret moment untuk diabadikan.

Baca juga: Wisata Gunung Bromo Terbaik dan Terpopuler yang Wajib Dikunjungi

Bila ingin menikmati sensasi berlarian di sini, maka datang saja ke desa Banjarsari. Baik dengan mengendarai roda empat maupun dua dengan nyaman dan dapat dipilih sesuka hati. Lalu terkait biayanya, maka jangan khawatir, lantaran pengelola hanya menarik karcis senilai 2 ribuan saja. Jadi, sangat menyenangkan bukan? Kapan lagi bisa menikmati kesejukan tiada tara dengan membayar setara karcis toilet saja!

3. Situ Cileunca

sumber: ayosemarang.com

Selain di Cukul, ada juga di Pangalengan yang bagus untuk memburu potret matahari terbit hingga matahari tenggelam. Tempat tersebut adalah Situ Cileunca yang berada di kawasan desa Wanasari, Pangalengan. Seperti namanya, tempat ini sejatinya adalah waduk buatan yang dibangun di area seluas 1400 an hektar, yang menyuguhkan landmark panorama asri di sekelilingnya yang menggoda.

Apabila tertarik dengannya, maka pelancong tidak akan kesulitan untuk datang karena aksesnya sendiri yang sudah memadai untuk dilalui baik roda empat atau dua. Selain itu, harga karcis yang dibebankan juga lumayan menggiurkan. Yakni hanya sekitar 3 sampai 5 ribuan saja, maka seluruh pesona matahari terbit dan tenggelamnya sudah bisa diabadikan dan dijadikan feed di sosial media.

4. Pemandian Air Panas Cibolang

sumber: travelspromo.com

Seperti yang terlihat dari namanya, di Pangalengan ini menawarkan sensasi berendam di kolam air panas yang menyehatkan. Ini merupakan kolam buatan dari aliran air panas gunung Windu, yang kabarnya mengandung banyak mineral dan belerang. Sehingga saat berendam di sana, bukan hanya kenyamanan saja yang akan didapatkan. Namun juga manfaat dari segi kesehatan.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Labuhan Bajo dengan Pemandangan Alam Terbaik

Apabila ingin merasakan sensasi kehangatan yang ada, maka tinggal datang saja ke kawasan desa Wanasuka kapan saja diinginkan. Lantaran sebagai kawasan ramai, pengelola membukanya selama 24 jam. Dengan tiket masuk bervariasi dari 2 hingga 2 ribuan, sehingga masih terbilang nyaman untuk kantong pelesiran!

5. Penangkaran Rusa Kertamanah

sumber: infobdg.com

Selanjutnya, Pangalengan juga punya destinasi yang tepat untuk dijadikan sebagai zona edukasi bagi buah hati tercinta. Yakni Penangkaran Rusa Kertamanah yang menawarkan pelancong untuk berinteraksi dengan kawanan rusa, baik untuk memberi makanan atau menjepret selfie. Sehingga bisa jadi alternatif bagi orangtua untuk mengenalkan kekayaan fauna Indonesia kepada anaknya sedari dini.

Hal yang lebih menarik, lokasinya sendiri berada di desa Margamukti yang aksesnya gampang dilalui. Selain itu, untuk tiket masuk pun terbilang murah meriah. Bayangkan saja untuk melakukan setiap aktivitas seru yang ada di sana, pelancong hanya ditarik karcis masuk senilai 10 ribuan saja. Jadi, rasanya keluarga akan senang dan kantong pun tetap aman!

6. Kampung Singkur

sumber: kampungsingkur.com

Rekomendasi keenam yang juga begitu menarik perhatian adalah Kampung Singkur yang lokasinya sendiri berada di desa Wanasari. Yakni sebuah kampung buatan yang mempunyai penataan demikian rupa, sehingga menyuguhkan spot-spot Instagenic yang patut untuk diabadikan. Apalagi hal tersebut ditunjang dengan kondisi alamnya yang dibalut udara segar dan rimbunnya pepohonan hingga menciptakan sensasi ketentraman.

Menariknya, pelancong tidak hanya bisa berjalan-jalan atau mengabadikan selfie saja. Namun juga bisa melakukan hal istimewa lainnya. Semisal bagi yang menyukai aktivitas outbond maka bisa mencoba sensasi flying fox hingga arung jeram. Pastinya dengan keseruan yang begitu menantang adrenalin dan patut untuk selalu dimasukkan dalam daftar kenangan.

Lalu yang lebih keren, tempat wisata ini buka selama 24 jam sehingga pelancong tidak akan punya batas kunjungan. Selain itu, terkait tiket yang dibebankan pun cukup menggembirakan. Yaitu hanya dengan menyerahkan uang 10 ribuan saja maka semua estetikanya sudah bisa diabadikan.

Baca juga: 9 Pilihan Tempat Wisata di Purwokerto dan Sekitarnya yang Tak Boleh Dilewatkan

7. Hutan Pinus Rahong

sumber: kompas.com

Terakhir, bagi yang ingin menikmati suasana perkemahan yang nyaman bersama dengan orang-orang tercinta, Pangalengan juga punya tempat yang dapat dijadikan rujukan. Yaitu hutan pinus Rahong yang memberikan pelbagai keunikan suasana dari pohon-pohon pinus yang berdiri dengan rapinya. Terlebih, tempat ini berada di area desa Pulosari yang tidak terlalu jauh dari pusat Pangalengan membuatnya selalu ramai kunjungan.

Jika tertarik dengannya, maka pelancong hanya cukup mengeluarkan untuk membeli tiket masuk yang hanya sekitar 5 ribuan saja. Maka sudah dibebaskan untuk menikmati suasana jalan-jalan, berburu foto di banyak spot yang disediakan, atau melakukan serunya kegiatan perkemahan. Jadi, tempat ini sangat sayang bila terlewat dari agenda perjalanan di Pangalengan yang direncanakan.

Demikianlah tadi sejumlah informasi yang dapat dihadirkan rekomendasi tujuh tempat wisata di Pangalengan yang menakjubkan dan bisa membawa ketentraman. Selain sejumlah rekomendasi yang telah disebutkan, sebenarnya masih banyak lagi destinasi unik yang lainnya. Tentunya, dengan pesona keindahan alam dan budaya berbeda yang patut untuk dinikmati juga. Jadi, kapan rencana memulai pelestariannya?

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *