7 Tempat Wisata di Kediri Terbaik dengan Pesona Eksotisnya

Tempat Wisata di Kediri Terbaik dengan Pesona Eksotisnya

Titiksinggah.com – Kediri Jawa Timur dulunya terkenal sebagai kerajaan besar yang punya raja kondang bernama Sri Aji Joyoboyo, dengan petuahnya yang melegenda. Namun sekarang berubah menjadi pusat perekonomian bagi daerah di sekelilingnya, dengan pengembangan fasilitas hingga aneka tempat yang keren dan penuh pesona. Dimulai dari yang bercorak tradisi kerajaan sampai dengan yang berteknologi modern kekinian.

Penasaran dan ingin tahu banyak mengenai tempat apa saja yang dimaksud? Apa saja keunikan yang ada di dalamnya? Sebaiknya sisihkan sedikit waktu luang untuk membaca uraian berikut dengan seksama. Tidak lain karena di sini akan diuraikan banyak hal mengenainya. Baik rekomendasi destinasi sampai informasi wahana yang ada, sekaligus terkait biaya masuknya. Tidak perlu berlama-lama, inilah informasi lebih jelasnya:

Baca juga: Serunya Pelesiran pada 7 Tempat Wisata di Batu Malang yang Penuh Keceriaan

1. Simpang Lima Gumul

sumber: wikipedia.org

Rekomendasi yang pertama yang asyik didatangi adalah SLG, yang akan membuat pelancong seolah tengah berada di monumen Arc de Triomphe, Perancis. Monumen ini, menjadi landmark Kediri yang berdiri gagah, dengan ornamen budaya yang sangat kental. Seperti ukiran berbentuk kuda lumping yang menjadi kesenian khas Kediri, yang telah ada sejak ratusan tahun lalu.

Saat berada di monumen ini, pengunjung bisa menikmati angin sejuk karena zona ini merupakan tempat terbuka, yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai hingga bermain layang-layang. Bila beruntung, di waktu tertentu, akan ada pameran, pekan budaya, sampai festival tari 1000 barong yang menyedot perhatian. Selain itu juga sering ada hiburan dari artis ibukota yang turut memeriahkan suasana.

Apabila tertarik untuk mengunjungi Monumen ini maka pengunjung hanya dikenai biaya sekira 2-5 ribuan saja untuk parkirnya. Maka sudah bebas berkeliling di area monumen, taman, atau pergi ke area pasar Tugu. Nantinya, di tempat tersebut, pengunjung bisa menikmati aneka jajanan kulineran yang bikin kenyang seperti krengsengan bekicot, ampok goreng, dan lain semacamnya.

2. Air Terjun Dolo

sumber: travelspromo.com

Kedua, ada tempat yang cocok bagi yang ingin berburu ketenangan sekaligus kesegaran. Yaitu air terjun Dolo yang seolah membelah kaki gunung Wilis dengan alirannya yang jernih, deras, dan terasa dingin menyegarkan. Tentunya, hal tersebut akan membuat siapapun yang pelesiran akan merasa nyaman dan betah dengan suasananya.

Istimewanya, biaya tiket yang harus dikeluarkan cukup sederhana, hanya 7 ribuan saja setiap orangnya. Namun, untuk dapat menjangkau lokasi air terjunnya, pelancong harus menyiapkan stamina cukup untuk menuruni ratusan anak tangganya. Walau demikian, itu akan terbayar setelah melihat panorama eksotisnya yang begitu mencerahkan pikiran.

Baca juga: Menikmati Sejuknya Alam Ranca Upas, Bumi Perkemahan yang Melegenda

3. Petilasan Sri Aji Joyoboyo

sumber: tempatwisata.pro

Sebagai kota tua, Kediri menyimpan peninggalan sejarah dan budaya yang luar biasa. Salah satu contohnya adalah Petilasan Sri Aji Joyoboyo, Raja Kediri yang ternama dengan jangkanya. Tempat ini ramai oleh wisatawan yang ingin berziarah atau sekedar kunjungan budaya. Khususnya pada bulan tertentu misal Sura, dimana akan diadakannya upacara ruwatan.

Pada saat tersebut, area petilasan akan dipenuhi oleh pelancong yang datang. Baik untuk keperluan ngalap berkah, atau hanya sekedar melihat keramaian sembari menikmati kuliner yang dijajakan pedagang di jalanan. Tentunya, ini bisa jadi ajang untuk mengenal Kediri dan budaya masyarakatnya yang sangat asyik, terlebih tidak ada tiket masuk yang diberlakukan. Hingga membuat pengunjung cukup membayar uang parkiran saja!

4. Gunung Kelud

sumber: kompas.com

Keempat, tempat yang juga terkenal hingga kota-kota lainnya adalah pesona kawah gunung Kelud yang melegenda. Kawah tersebut identik dengan cerita masa lampau yakni Dewi Sekartaji dan dendam yang dipunyai oleh Lembu Suro dan Mahesa Sura. Membuat, lokasi ini bernuansa magis, dan begitu disakralkan oleh masyarakat yang tinggal di kawasan sekitarnya.

Akan tetapi, kisah mistis yang melingkupi kawasan gunung ini tidak menyurutkan minat setiap wisatawan yang datang. Tidak lain karena keindahan barisan gunungnya yang istimewa. Belum lagi pembangunan yang terus digalakkan oleh pemerintah setempat, yang menjadikan fasilitas yang ada semakin lengkap. Hingga membuat perjalanan wisata pelancong semakin berkesan dan nyaman.

Apabila hendak mengunjungi destinasi ini, maka biaya masuk yang harus disiapkan adalah sekira 10-15 ribuan saja, maka sudah bisa masuk dengan berjalan kaki dari parkiran pertama. Namun, jika ingin lebih cepat, maka pelancong bisa memakai jasa ojek yang tersedia. Yakni dengan membayar upah jasa senilai 30 ribuan saja, untuk pulang pergi dari area kawahnya.

5. Bukit Gandrung

sumber: jadwaltravel.com

Bila tertarik untuk mendapatkan sensasi petualangan outbound yang lebih menantang, maka pelancong dapat memilih area tanggulasi Bukit Gandrung yang ada di Medowo. Lokasi di Kediri ini berada di sebelah timur, dekat perbatasan Malang dan Jombang. Menawarkan panorama indah khas pegunungan yang menyejukkan.

Baca juga: Berburu Nuansa Etnik pada 7 Tempat Wisata di Ubud yang Instagenic

Menariknya, untuk bisa masuk, pelancong hanya dibebani dengan biaya 6 ribuan saja, maka sudah bisa menikmati aneka spot fotografi cantik yang tersedia. Namun, tidak hanya itu saja pesonanya. Pengunjung juga bisa menyewa aneka fasilitas yang disediakan mulai dari ATV, Flying Fox dan lainnya dengan hanya membayar mulai dari 15 ribuan. Terasa murah untuk pengalaman asyik yang nantinya didapatkan!

6. Waduk Siman

sumber: infokediriraya.com

Berada di sisi timur dan berbatasan langsung dengan Malang membuat di Kediri ini terasa istimewa. Lantaran bisa dijadikan tempat berburu matahari terbit yang cantik. Apalagi sekarang sudah tersedia warung makan dan kopi yang mengelilingi, menjadikan nuansa santai dan bersahabat terasa begitu lekat. Hingga pelancong bisa menikmati kehangatan bersama keluarga tercinta.

Menariknya lagi, tidak ada karcis masuk yang diberlakukan oleh pihak pengelola waduk di kecamatan Kepung ini sehingga masyarakat sekitar atau pelancong bisa datang suka-suka. Lantaran sejatinya, fungsi dari waduk ini adalah untuk pengairan sawah di sekitar. Selain juga difungsikan sebagai bagian dari PLTA Mendalan. Meski demikian, itu tidak mengurangi pesonanya sebagai tempat hiburan yang menentramkan.

7. Bukit Ongakan

sumber: datawisata.com

Sekira 15an kilometer ke arah selatan dari Waduk Siman, ada bukit cantik yang asyik untuk dikunjungi. Bukit tersebut bernama Ongakan, dengan pesona hawa sejuk dan pemandangan alam yang luar biasa. Bayangkan saja, dari atas puncaknya, pelancong bisa menikmati keindahan gunung Gajah Mungkur, bukit Kura-kura dari kejauhan. Sembari menikmati berayun di hammock atau meminum secangkir kopi di warung-warung murah meriah yang disediakan.

Baca juga: Mengenal Cimory Puncak, Wisata Keluarga yang Memanjakan Mata

Namun demikian, untuk mendapat keindahan dan kenyamanan tersebut, pengunjung harus terlebih dahulu melewati medan yang cukup ekstrim dengan kendaraan roda dua saja. Karena lokasi dari bukit ini cukup berada di pedalaman, yang membuat pelancong harus bertualang membelah hutan pinus yang menyuguhkan panorama menakjubkan. Selain itu, untuk akses masuk sendiri akan dikenai biaya sekira 5 ribuan saja.

Nah, itulah tadi sejumlah di Kediri yang penuh pesona eksotis dan menarik untuk dikunjungi. Pasalnya tidak hanya menampilkan keindahan alamnya saja, namun juga menawarkan keunikan tradisi yang bernilai seni tinggi. Jadi jangan sampai lupa memasukkannya ke dalam daftar rencana yang dipunyai, dan segera siapkan segala sesuatunya untuk berpelesir di waktu yang tepat, suatu saat nanti!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *