Tebing Breksi, Wisata Anti Mainstream dengan View Kota Yogyakarta

Titiksinggah.com merupakan baru yang dimiliki oleh kota Yogjakarta, ini menawarkan tebing bekas pertambangan yang sangat tinggi, selain menawarkan pemandangan tebing tinggi yang berpahat juga memiliki Night View yang juara dimana pemandangan utamanya adalah CityScape kota Yogyakarta. Berikut ulasan singkatnya:

 

Alamat Tebing Breksi

sumber: berwisata.org

Tebing Breksi merupakan yang berada di wilayah Kabupaten Sleman Yogjakarta. Lokasinya berada di sebelah selatan Candi Prambanan dan berdekatan dengan Candi Ijo serta Kompleks Keraton Boko. Lokasi Wisata Tebing Breksi tepatnya berada di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk maps nya dapat dilihat disini ya: maps Tebing Breksi

Fasilitas Tebing Breksi

sumber: yogyes.com

Tebing Breksi menawarkan fasilitas yang belum terlalu banyak, tetapi dapat dipastikan bahwa spot wisata atau spot foto ditempat ini bakalan berbeda dari yang biasa-biasanya, untuk fasilitasnya berupa tempat panggung-panggung terbuka, pahatan batuan, tebing, dan taman-taman dari batu. Selain itu juga terdapat fasilitas pendukung seperti: parkir, toilet, track untuk offroader jeep, dan theater pertunjukan outdoor. Berikut penjelasan singkatnya:

Baca juga: Tempat Wisata Di Lombok Selain Pantai Terbaru dan Kekinian

sumber: tebingbreksi.com
  • Tlatar seneng, merupakan nama dari panggung terbuka yang diresmikan oleh Gubernur DIY pada 30 Mei tahun 2015 silam. Tlatar Seneng ini dibangun dengan cirikhas adanya lingkaran sebagai pusat panggung dan tempat duduk yang mampu menampung sekitar 1000 penonton. Fungsinya adalah sebagai tempat pelaksanaan kegiatan seni budaya atau event-event lain yang diadakan masyarakat. Selain dijadikan tempat pertunjukan banyak juga wisatawan yang sekedar duduk di deretan tempat duduk terbuat dari bahan teraso yang tersusun rapi, dan bahkan banyak yang duduk dan tiduran di atas rumput yang terhampar di bagian tengah panggung, untuk bersantai sambil menimati pemandangan tebing dan keindahan view sunset. Konon kabarnya Tlatar Seneng adalah nama wilayah Tebing Breksi jauh sebelum dikembangkan menjadi kawasan wisata, bahkan sebelum bukit itu ditambang, para Tokoh masyarakat setempat menyebut wilayah ini dengan sebutan “ Bulak Tlatar Seneng” dengan ari harafiahnya Tlatar : tempat luas terbuka, Seneng : senang.

Baca juga: Umbul Sidomukti, Wisata Alam Cantik di Lereng Gunung Ungaran

sumber: tebingbreksi.com
  • Amphitheater Umbul Malang, Amphitheater Umbul Malang terletak di sebelah utara Tebing Utama. Amphitheater adalah sebuah areal terbuka yang digunakan sebagai pertunjukan hiburan, pertunjukan seni, maupun live musik. Secara kapasitas Amphitheatre ini lebih luas dibanding panggung terbuka Tlatar Seneng dikarenakan tempat ini bisa memuat 15.000 orang saat event “Sobat Ambyar” pada beberapa tahun yang lalu.
sumber: tebingbreksi.com
  • Kedung Punokawan, merupakan salah satu lokasi yang ada di Tebing Breksi berupa kolam, kolam buatan yang fungsinya masih dalam tahap pengembangan yang rencananya selain sebagai kolam penampungan air hujan, akan dibuat juga sebagai kolam ikan, dan kolam ikan terapi. Tetapi tanpa disengaja pembuatan kolam air buatan ini justru semakin mempercantik Tebing Breksi itu sendiri.

Baca juga: Sevillage, Indahnya Pesona Wisata Alam di Puncak Ciloto

sumber: tebingbreksi.com
  • Taman Batu Breksi Nyawiji, Merupakan taman batu yang disusun secar artistik dilengkapi dengan pemandangan kolam ikan didepannya. Lokasi Taman Batu Breksi Nyawiji ini berada di sebelah barat panggung Tlatar Seneng.
  • Kopi Breksi adalah area di sisi utara tebing breksi yang berisi tempat kuliner ringan seperti aneka minuman kopi dan snack cemilan ringan. Selain tempat-tempat diatas masih ada juga Taman Lintas Komunitas yang berupa lahan seluas 3 hektar yang ditanamai berbagai macam buah, adapula tempat Relief Wayang, Patung Naga, dll.

Harga Tiket & Jam Buka Tebing Breksi

sumber: wedangkopiprambanan.com

Harga tiket masuk Tebing Breksi cukup murah dan terjangkau yakni Rp. 10.000 per orang, harga tersebut berlaku untuk semua hari (weekday dan weekend). Untuk jam operasionalnya tebing breksi dibuka mulai pukul 05.00 pagi dan tutup pada pukul 20.00 malam. Sehingga bagi sobat singgah yang mengincar foto disini saat matahari terbit tentu sangat bisa sekali ya,.. karena tebing breksi sudah dibuka dari pukul lima pagi. Selain biaya tiket masuk diatas anda juga akan dikenakan restribusi tambahan berupa biaya parkir yaitu sebesar Rp.5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp.2.000 untuk kendaraan roda dua.

Demikianlah review singkat mengenai Tebing Breksi, yang merupakan anti mainstream yang berada di Yogyakarta, Selain sebagai tempat ini juga bisa dijadikan tempat penelitian dikarenakan bebatuan kapur disini merupakan salah salu obyek penelitian ilmiah yang cukup bernilai. Akhir kata selamat menjelajah bumi indonesia ya.. Salam titik singgah… ^_^

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *