Tempat Wisata Di Lombok Selain Pantai Terbaru dan Kekinian

Tempat Wisata Di Lombok Selain Pantai Terbaru dan Kekinian

Titiksinggah.com – Secara letak geografis, tidak heran jika Lombok populer akan destinasi wisata pantainya yang indah, seperti pantai Kuta, Senggigi, dan lain-lain. Namun, selain pantai ternyata di Lombok ada banyak destinasi wisata lainnya yang memukau untuk dikunjungi. di Lombok tersebut menyuguhkan panorama yang apik dan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi pengunjungnya.

Misalnya, mulai dari taman wisata, desa tradisional Lombok, gua, hingga bukit yang menyuguhkan lansekap yang elok. Jadi, ketika ke Lombok, terdapat banyak alternatif selain pantai. Yuk, simak di Lombok selain pantai yang paling hits untuk dikunjungi:

1. Desa Bayan Sasak Sade Rembitan

sumber: kate.id

Apabila menyukai wisata yang kental dengan unsur budaya, bisa mengunjungi desa yang satu ini. Desa Bayan merupakan perkampungan yang ditinggali oleh suku asli Lombok, yaitu Suku Sasak. Di sini, pengunjung bisa melihat rumah tradisional Lombok dan menyaksikan bagaimana Suku Sasak berkegiatan keseharian.

Baca juga: Umbul Sidomukti, Wisata Alam Cantik di Lereng Gunung Ungaran

Ada juga kain tenun sasak yang dijajakan penduduk setempat dan pengunjung bisa membelinya sebagai oleh-oleh khas Lombok. Untuk mengunjungi desa ini tidak dipungut biaya dan hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja.

2. Taman Narmada

sumber: wikipedia.org

Bagi yang ingin menyaksikan peninggalan Raja Mataram, bisa mendatangi di Lombok yang tersohor ini. Dengan luas sekitar 2 hektar, Taman Narmada dulunya berfungsi sebagai tempat beristirahat dan tempat upacara. Karena berasal dari Gunung Rinjani, mata air di taman Narmada menjadi spot paling populer.

Mata air tersebut dipercaya bisa membuat siapa saja yang mencuci mukanya menjadi awet muda dan bercahaya. Jika ingin mengunjungi destinasi wisata ini, lokasinya ada di Desa Lembuak, Lombok Barat dengan harga tiket Rp6.000 per orang.

3. Taman Wisata Alam Gunung Tunak

sumber: ngetrip.my.id

Karena menyuguhkan panorama alam yang apik, maka tidak heran jika tempat ini tengah hits di Lombok. Bentuk taman wisata yang melengkung, membuat pengunjungnya bisa memiliki pengalaman seakan-akan mengelilingi perbukitan yang menakjubkan. Jadi, pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang indah sekaligus keindahan gili penyu dari kejauhan.

Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto ria di berbagai spot foto yang menawan. Fasilitas lainnya yaitu adanya tempat observasi kupu-kupu dan rusa, kantin, dan juga ruang multiguna. Berlokasi di Mertak, Lombok Tengah, tiket masuk destinasi wisata ini dibandrol dengan harga Rp10.000.

Baca juga: Sevillage, Indahnya Pesona Wisata Alam di Puncak Ciloto

4. Gua Bangkang

sumber: backpackerjakarta.com

Berada di Desa Prabu, Lombok Tengah, ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Pengunjung bisa masuk ke dalam gua dan melihat dinding gua yang terdiri dari susunan bebatuan berwarna coklat dan hitam yang khas. Jadi, bagi yang suka wisata petualangan alam yang menantang, bisa datang ke sini.

Jika datang pada sore hari, pengunjung bisa disuguhkan pemandangan yang apik karena adanya sinar matahari yang tembus ke dinding gua. Namun, sebelum memasuki gua, sebaiknya menggunakan masker karena bau dalam gua sangat menyengat. Untuk mengunjungi tempat wisata eksotis ini, harga tiketnya adalah Rp5.000 saja.

5. Aik Nyet Sesaot

sumber: insidelombok.id

Terletak di kawasan Hutan Sesaot, tempat ini memiliki pemandangan asri dengan hawa yang sejuk. Destinasi favorit di sini adalah kolam pemandian Aik Nyet yang airnya berasal dari Gunung Winjani. Pengunjung yang mandi di sini akan merasakan air yang segar dan sejuk karena berasal dari alam.

Jika tidak ingin berendam, pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar menikmati pemandangan yang elok. Destinasi wisata ini berlokasi di Buwun Sejati, Lombok Barat dan tiketnya dibandrol dengan harga Rp10.000 per orang.

6. Pura Batu Bolong

sumber: datulomboktour.com

Nama destinasi wisata ini berasal dari letaknya yang ada di atas batu besar. Kemudian, pada bagian bawah batu tersebut terdapat lubang besar. Pengunjung akan merasa takjub jika mengunjungi pura ini karena berhadapan langsung dengan Gunung Agung dan Selat Lombok.

Apabila datang pada sore hari, pengunjung bisa menyaksikan sunset dan pemandangan pantai yang indah. Banyak fasilitas di sekitar sini, mulai dari hotel, restoran, hingga toko souvenir. Berlokasi kurang lebih 12 km dari Pantai Senggigi, HTM tempat ini adalah Rp20.000 per orang.

7. Bukit Merese

sumber: brobali.com

Sesuai dengan namanya, tempat ini ada di wilayah perbukitan. Meskipun begitu, Bukit Merese masih ramah untuk dikunjungi karena medannya bersahabat. Pengunjung hanya berjalan santai dalam beberapa menit saja untuk bisa sampai di puncak bukit.

Baca juga: Curug Ciherang, Paket Wisata Keluarga di Tengah Alam

Di atas bukit, pengunjung disuguhi pemandangan garis pantai Tanjung Aan yang cantik. Selain itu, hamparan rumput hijaunya membuat pengunjung tak habis-habis mengambil foto sambil bersantai. Berada di Kuta Lombok, harga tiket Bukit Merese hanya Rp5.000 saja.

8. Danau Segara Anak

sumber: wikipedia.org

Destinasi wisata identik Lombok selanjutnya adalah Danau Segara Anak. Namun, untuk mengunjunginya, pengunjung harus mendaki gunung untuk bisa mencapai ketinggian 2010 mdpl. Jadi, jika ingin mengunjunginya, harus memiliki persiapan yang ekstra karena dibutuhkan 7 hingga 8 jam berjalan kaki untuk sampai ke Danau Segara Anak.

Oleh karena itu, pengunjung yang pergi ke sini biasanya menghabiskan waktu minimal semalam untuk berkemah. Meskipun melelahkan, namun pengunjung akan disuguhi pemandangan apik yang tidak mungkin terlupakan. Berada di Sembalun Lawang, Kawasan Gunung Rinjani, HTM perorangan adalah Rp35.000.

9. Taman Wisata Pusuk Sembalun

sumber: sikidang.com

Terletak di ketinggian sekitar 1250 mdpl, taman wisata ini menyuguhkan pemandangan perbukitan yang indah. Daya tarik tempat wisata di Lombok ini adalah adanya gugusan tebing yang berderet indah di sepanjang area wisata. Terdapat beragam spot foto yang Instagramable di samping tebing dengan latar belakang perbukitan dan Gunung Rinjani.

Baca juga: Obelix Hills Tempat Wisata dengan 1000 Pesona

Selain pemandangan alamnya yang memanjakan mata, udaranya juga sejuk sehingga banyak pengunjung yang mengunjungi tempat ini. Namun, jika mengunjungi taman wisata ini harap berhati-hati karena masih banyak ditemukan monster liar. Sesuai namanya, taman wisata ini ada di sembalun dengan harga tiket per orangnya Rp5.000.

10. Bukit Pergasingan

sumber: liburmulu.com

Bagi yang menyukai wisata alam yang sedikit adventurous, bisa mengunjungi Bukit Pergasingan. Bukit ini juga cocok berlatih bagi pengunjung yang ingin mendaki Gunung Rinjani karena ketinggiannya hanya 1700 mdpl saja. Medannya cukup ramah dan pengunjung bisa mendaki bukit ini hanya 2 hingga 3 jam saja dari Kota mataram.

Meskipun begitu, pengunjung tetap harap berhati-hati karena terdapat jalur tanah berbatu dengan kemiringan cukup ekstrim. Jika sudah berada di puncak bukit, pengunjung bisa melihat panorama sawah yang apik dan lanskap Gunung Rinjani yang kokoh. Bukit ini berlokasi di Sembalun lawang, Lombok Timur dan perorangan dikenakan harga tiket masuk Rp15.000.

Tak hanya pantai, itulah ulasan mengenai 10 tempat wisata di Lombok yang kekinian dan juga terbaru. Destinasi wisata tersebut sangat beragam, sehingga pengunjung bisa menyesuaikan sesuai kesukaannya, mulai dari perbukitan hingga taman wisata. Harga tiket masuknya pun terjangkau, sehingga tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk menikmati keindahan destinasi wisata Lombok.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *