Eling Bening, Wisata Kekinian Untuk Kawula Muda

Titiksinggah.com merupakan salah satu kekinian yang ada di daerah semarang, memiliki pemandangan alam yang sangat cantik dengan bangunan yang dominan berwarna putih bersih, view didepannya berupa hamparan danau rawa pening, dan jajaran gunung merbabu dan ungaran.

Sejarah & Cerita Legenda

sumber: jejakpiknik.com

merupakan tempat  wisata yang memiliki keindahan alam yang sangat cantik dan memukau, selain hal tersebut ada juga cerita legenda yang melekat didalamnya, menurut cerita legenda yang beredar dimasyarakat sendiri merupakan cerita legenda yang mengisahkan tentang percintaan putri kerajaan ambarawa yang tidak direstui oleh kedua orang tuanya. Dikisahkan disuatu kerajaan ambarawa Raja &  Ratunya memiliki putri yang diberi nama Bening, Bening sendiri merupakan putri kerajaan Ambarawa yang memiliki paras cantik dan mempesona, saat bening sudah dewasa dan mulai tertarik dengan lawan jenis, bening meminta dinikahkan dengan pemuda yang bernama Sanggara, dia adalah pemuda desa anak seorang petani teh di daerah tersebut, Hal tersebut membuat Raja dan Ratu sedih karena sedari Bening masih kecil, bening sudah direncanakan untuk dijodohkan dengan pangeran Brahmana, yaitu pangeran dari kerajaan Bawen, perjodohan tersebut bukan tanpa sebab, hal tersebut dilakukan sebagai cara balas budi kerajaan Ambarawa yang dulu pernah di tolong  dari masa sulit oleh kerajaan Bawen. Singkat cerita karena Bening merasa dipaksa untuk menikah dengan lelaki yang tidak dicintainya maka Bening mengajak Sanggara si pemuda desa untuk melarikan diri bersama dan selanjutnya merencanakan pernikahan mereka berdua. Karena takut dikejar oleh pasukan kerajaan makan Bening & Sanggara melarikan diri sangat jauh melewati kebun-kebun, perbukitan, dan hutan. Sampai disuatu titik mereka berdua menemukan tempat jauh yang memiliki pemandangan sangat indah dimana terlihat pemandangan sungai rawa pening yang jernih, sawah yang hijau dan sejuk dipandang, gunung merbabu, dan gunung ungaran yang megah.  Setelah itu mereka memutuskan untuk merencanakan hidup tentram ditempat itu, namun tanpa disadari jejak mereka sudah diketahui oleh pegawai kerajaan sehingga Raja memerintahkan pasukannya untuk mengambil kembali putri Bening dari Sanggara, singkat cerita terjadilah pertarungan untuk merebut putri Bening dan saat pertarungan itu Putri bening berusaha melindungi Sanggara pemuda yang sangat dicintainya, tanpa sengaja Putri Bening tertebas oleh pedang pasukan kerajaan sehingga putri Bening tewas dan Sanggara masih hidup. Setelah beberapa waktu lamanya sanggara mengunjungi bukit indah tersebut untuk mengenang kepergian sang kekasih yaitu Putri Bening, Ia selalu terbayang masa ketika Ia dan Bening ada di bukit itu dan menjalani hari – hari bersama, namun kini sudah tinggal kenangan sambil berkata “ Aku ”. Hal tersebut menjadikan tempat tersebut dinamai (dalam bahasa jawa) yang berarti “Ingat Bening”. Demikianlah cerita legenda singkat mengenai Eling Bening.

Baca juga: Tebing Breksi, Wisata Anti Mainstream dengan View Kota Yogyakarta

Alamat & Jam Operasional

sumber: ©lizanp

Eling Bening merupakan kawasan wisata yang beralamat di Jl. Sarjono, Bawen, Kec. Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, atau bisa menggunakan maps disini. Wisata ini dibuka setiap hari, dan buka mulai pukul 07.00 pagi dan tutup pukul 19.00 malam, sedangkan untuk jam operasional wahananya dibuka pukul 07.00 dan tutup pukul 16.00 sore.

Baca juga: Tempat Wisata Di Lombok Selain Pantai Terbaru dan Kekinian

Fasilitas & Wahana Eling Bening

sumber: As’ad Fathunnuha

Karena tempat ini memiliki banyak spot foto yang kekinian tak heran jika disini disediakan banyak spot foto yang instagenik diantaranya:

  • Perahu kepala naga, merupakan spot paling favorite ditempat ini.
  • Ayunan di lereng dengan backgroun danau rawa pening.
  • Rumah pohon yang unik.
sumber: Sugeng Setiyo Budi, S.Th.I
  • Garden Resto, yaitu resto yang memiliki view lepas dan berada di tempat tinggi.
  • Spot foto seperti sayap burung/kupu-kupu
  • Kolam renang dengan kedalaman bertingkat, selain itu juga disediakan fasilitas seperti resto yang memiliki view fotogenik, jembatan, dan gardu pandang yang kekinian, parkiran yang luas, dan resto yang setiap sudutnya juga cantik jika diabadikan.

Baca juga: Umbul Sidomukti, Wisata Alam Cantik di Lereng Gunung Ungaran

Harga Tiket Eling Bening

sumber: ©roverscie

Untuk harga tiket pada hari biasa mulai Rp.25.000/org, sedangkan untuk hari libur Rp. 30.000/org. Untuk restribusi lainnya seperti parkir dikenakan tarif sbb: motor: Rp.2.000, mobil: Rp.5.000, mini bus: Rp.10.000, Bus: Rp.20.000. Untuk tiket kolam renanganya dikenakan tarif Rp.20.000/org. Dan untuk tarif makanannya sangat berfariasi antara Rp.30.000 sampai Rp.80.000 untuk menu besar seperti ikan gurame dll.

Demikianlah review singkat kami mengenai Eling Bening, menurut kami wisata ini lebih cocok untuk anda kawula muda, karena selain menawarkan view yang cantik, tempat ini juga banyak memiliki spot foto-foto cantik dan instagenic, dan jika anda kesini membawa keluarga terutama anak-anak, pastikan selalu mendampingi putra-putri kesayangan anda, karena ditempat ini anda akan menemui tempat-tempat yang cantik namun cukup berbahaya bagi anak-anak karena letaknya berada di tebing yang terjal dan di beberapa titik tidak ada dinding pengamannya. Akhir kata selamat merencanakan liburan anda ya.. ^_^

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *