Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Utara Terbaik

Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Utara Terbaik

Titiksinggah.com – Sebagai pulau raksasa di tanah air, Sumatera Utara menyimpan nuansa keindahan alam yang memukau. di Sumatera Utara sangat beragam mulai dari kuliner, sejarah, hingga alam. Tentunya semua tempat ini memiliki keunikan masing-masing. Penasaran apa saja destinasi wisata yang menarik di Sumatera Utara? Berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Salju Panas Tinggi Raja

sumber: ksmtour.com

Rekomendasi pertama ini dari namanya saja sudah membuat penasaran. Jawa memiliki Kawah Putih, sedangkan Sumatera memiliki destinasi bernama Salju Panas. Pemilihan kata “salju” bukan tanpa alasan. Pasalnya, tempat ini memiliki kawah yang dominan warna putih layaknya salju. Tentunya merupakan spot foto yang indah dan tidak biasa.

Baca juga: Lawu Park, Asyiknya Wisata Salju di Lereng Tawangmangu

Sedangkan “panas” berasal dari air warna biru kehijauan yang suhunya begitu panas di dalam kawah tersebut. Agar bisa mendatangi kawasan ini, wisatawan akan melalui beberapa daerah seperti Lubuk Pakam, Galang, Bangun Purba. Di lokasi ini akan ada biaya 5 ribu apabila datang dengan kendaraan pribadi.

2. Danau Toba

sumber: kompas.com

Sebagian besar masyarakat pernah mendengar namanya. Sebagai di Sumatera Utara dengan kepopuleran tinggi, Danau Toba dianugerahi keindahan yang memukau sehingga sayang untuk dilewatkan. Di Danau Toba, banyak aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan sambil menikmati indahnya pemandangan danau yang menghampar luas nan asri. Misalnya mengamati situs sejarah, berkunjung ke rumah adat, hingga berkeliling di Desa Tuktuk.

Wisatawan dapat bertandang ke sini dengan lima jam berkendara dari pusat Medan. Bisa menggunakan transportasi bus, kereta api, sewa mobil, hingga kendaraan pribadi. Tidak ada biaya tiket masuk yang dikenakan, namun akan ada tambahan jika menggunakan fasilitas misalnya membeli makanan atau bermalam di penginapan.

3. Air Terjun Sipiso Piso

sumber: wikipedia.org

Lokasi ini merupakan tujuan wisata yang keindahannya tidak diragukan lagi. Salah satunya Sipiso-piso, yang ada di daerah pemukiman Desa Tongging. Pesona alam yang dimiliki oleh air terjun ini memiliki pancuran setinggi 120 meter, menjadikannya yang tertinggi di Indonesia.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Mojokerto Serta Harga Tiket Masuknya

Lokasinya sendiri cukup mudah dijangkau, berjarak 35 km dari Berastagi atau kurang lebih 45 menit dari pusat Medan. Jalurnya sudah rapi, sehingga berbagai kendaraan bermotor dapat melewatinya dengan aman. Setibanya di lokasi, pengunjung perlu menyediakan uang sebesar lima ribu per orangnya.

4. Rumah Tjong A Fie

sumber: tempo.co

Ingin nuansa liburan yang berbeda? Wisata sejarah dapat menjadi pilihan menarik. Misalnya di rumah Tjong Afie yang terdapat di Sumatera Utara, tepatnya Medan Barat ini. Rumah yang berada di Jenderal Ahmad Yani nomor 105 ini adalah milik seorang dermawan yang sangat kaya pada masa penjajahan Belanda. Meski telah berusia ratusan tahun, kediaman ini unggul akan desainnya yang sangat artistik ala Tiongkok dan menjadi destinasi wisata populer.

Dari foto-foto yang dipajang, wisatawan dapat mengetahui sejarah dari kehidupan beliau. Ada juga pajangan berupa lukisan serta perabot kuno yang tidak ada di masa kini. Biaya retribusi yang diperlukan untuk berkunjung ke lokasi ini adalah 35 ribu untuk wisatawan umum, sedangkan bagi pelajar 20 ribu.

5. Kebun Raya Tongkoh

sumber: mongotrip.com

Masih lekat dengan nuansa alam yang kaya, di Sumatera Utara kali ini merupakan kebun raksasa dengan beragam tanaman hias serta buah. Contohnya kebun markisa, stroberi, jeruk Berastagi, dan lain-lain. Wisatawan juga diizinkan memetik buah serta tanamannya untuk dinikmati ataupun sebagai cenderamata.

Dengan luas mencapai 25.97 hektar, kebun ini menyajikan pemandangan menakjubkan berupa Gunung Sinabung. Kecantikannya cocok bersanding dengan hamparan hijau dari Kebun Raya Tongkoh. Berada di Desa Tongkoh, Karo, kebun ini sangat dingin sehingga disarankan menggunakan pakaian hangat. Tidak ada biaya masuk yang dikenakan untuk mengunjunginya.

6. Museum Rahmat International

sumber: indonesiatraveler.id

Museum menjadi di Sumatera Utara kegemaran banyak orang, terutama Rahmat Internasional yang mengusung konsep wildlife (binatang liar). Dalam museum ini terdapat banyak koleksi buruan dari para pemburu dunia berupa binatang liar yang telah diawetkan. Semua hasil buruan yang ada di sini telah mematuhi standar perburuan.

Baca juga: Dago Dream Park, Serunya Wisata Petualangan Keluarga

Terdapat 2 ribu lebih jenis satwa di sini. Pengunjung bisa menikmati liburan edukatif yang mencengangkan. Salah satunya dari kelompok lima besar berupa gajah, banteng, badak putih, singa, serta macan tutul. Datang ke Letjen S.Parman nomor 39 untuk melihat semua koleksi ini. Biaya masuk untuk dewasa adalah 50 ribu sedangkan anak-anak 40 ribu.

7. Tangkahan

sumber: detik.com

Tangkahan disebut sebagai hidden paradise yang terdapat di Sumatera Utara. Bagaimana tidak, destinasi ini begitu terkenal di kalangan wisatawan dari berbagai negara karena gajahnya. Di Tangkahan terdapat banyak gajah liar serta sungai bersih yang senantiasa diperhatikan kebersihannya.

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di Tangkahan. Contohnya arung jeram, mendatangi rehabilitasi satwa langka, berkemah, memandikan hingga bermain bersama gajah. Wisatawan juga dapat mengobservasi keragaman hayati yang terdapat di hutan ini. Biaya masuknya dimulai dari 400 ribu, tergantung paket yang dipilih.

8. Pulau Kalimantung

sumber: tempatwisata.pro

Ingin merasakan di Sumatera Utara yang lebih eksklusif? Pulau Kalimantung bisa menjadi salah satunya. Pulau ini dikenal akan pasirnya yang berwarna sangat putih layaknya bedak. Pemandangan yang disuguhkan tidak dapat diragukan lagi keindahannya. Apalagi, tidak banyak orang berkunjung sehingga cocok untuk liburan yang menenangkan dan privat.

Ada tiga destinasi dari Kalimantung yang saling berdekatan. Semua dapat diakses dengan menaiki boat selama seharian. Budget yang dibutuhkan adalah 1.5 juta per harinya. Angka ini tentu sepadan dengan keindahan yang ditawarkannya.

9. Green Hill City

sumber: daftar.co

Bukan hanya merasakan indahnya alam, tempat ini juga patut dikunjungi sebagai sarana untuk memacu adrenalin sekaligus refreshing. Tempat wisata di Sumatera Utara rekomendasi kali ini adalah Green Hill City, dimana pengunjung dapat mencoba berbagai wahana mengasyikkan. Sebut saja bioskop 4 dimensi, kincir raksasa, roller coaster, dan sebagainya.

Baca juga: Eling Bening, Wisata Kekinian Untuk Kawula Muda

Setiap orang perlu membayar 10 ribu sebagai tiket masuk dan 45 ribu untuk tiket terusannya. Jika biasanya arena permainan terasa panas, tidak dengan Green Hill City karena lokasinya yang dekat dari Gunung Sibayak sehingga terasa sejuk. Apalagi lokasi ini merupakan perumahan elit sehingga tampilannya sangat eksklusif.

10. Taman Nasional Gunung Leuser

sumber: wikipedia.org

Taman ini bukan saja ada di Aceh, namun juga Sumatera Utara. Tempat wisata yang termasuk kawasan hutan ini menyimpan keragaman cagar alam. Misalnya Gunung Leuser, Kappi, Gurah, Kluet, dan lain sebagainya. Hal yang unggul dari lokasi ini yakni termasuk dalam situs warisan dunia berdasarkan ketetapan dari UNESCO.

Wisatawan disarankan datang ketika bulan Juni sampai Oktober. Pada bulan-bulan ini, curah hujannya diperkirakan lebih rendah dan memudahkan ketika ingin menjelajah di taman nasional. Tiket untuk memasuki area ini sangat terjangkau yaitu 7.500 saja.

Demikian pembahasan seputar tempat wisata di Sumatera Utara dengan keberagamannya. Informasi ini semoga dapat memberikan inspirasi akan pilihan menarik yang menambah keseruan liburan. Lakukan persiapan secara matang sehingga dapat menikmati tempat yang dituju dengan nyaman dan berkesan.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *