Tumpeng Menoreh, Tempat Healing Kece Anak Muda di Ujung Yogyakarta

Titiksinggah.com merupakan tempat wisata kekinian yang berada di perbatasan antara kabupaten kulonprogo dan magelang jawa tengah. tempat ini menawarkan tempat bersantai di puncak perbukitan dengan view gunung, lembah dan lenscape alam yang sangat menakjubkan.

Sekilas Tentang

sumber: ig/tumpengmenoreh

merupakan tempat wisata yang berkonsepkan alam, view utama yang ditawarkan ditempat ini adalah hamparan perbukitan hijau, gunung, dan lembang yang sangat menyejukkan mata, tempat ini dibangun tepat  berada diatas puncak bukit kapur, dengan bangunan hexagon bertumpuk yang menyerupai sebuah tumpeng, tempat ini memiliki tempat tertinggi yang terbuka dan dihiasi rumput sintetis berwarna hijau dan tanpa pagar pembatas, sehingga pengunjung yang berfoto di puncak bagaikan berfoto dengan lenscape alam yang sangat luas dan megah. Selain menyediakan pemandangan alam yang sangat indah tempat ini juga memiliki restoran yang cukup terjangkau, tempatnya yang buka selama 24 jam non stop membuat tempat ini cocok untuk menenangkan diri atau healing-healing ala anak muda.

Baca juga: Kampung Sabin, Wisata Anti Mainstream di Cirebon Rasa Bali

sumber: ig/tumpengmenoreh

sendiri berada satu lokasi dengan Tumpeng Ayu, dimana kedua tempat tersebut hanya dipisahkan oleh tebing yang berjarak kurang lebih 100 meter saja. Untuk akses dari ke Tumpeng Ayu cukup mudah dimana sudah disediakan lift yang berkapasitas untuk 4 orang, namun jika anda berencana mengunjungi Tumpeng Ayu anda diwajibkan untuk membayar tarif lift dan tiket masuk yang berbeda. Menurut pendapat kami pribadi walaupun kedua tempat ini  berada pada satu lokasi yang sama masih memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan dengan Tumpeng Ayu, dimana memiliki tempat paling tinggi sehingga view yang didapatkan akan lebih luas dan lepas. sendiri memiliki akses yang lumayan cukup sulit, jika anda berencana mengunjungi tempat ini maka disarankan untuk membawa pengemudi yang lincah dan memiliki skil mengemudi yang tinggi untuk melewati jalanan sempit menanjak dan dibeberapa titik terdapat jurang yang dalam. Setelah anda sampai dilokasi parkiran anda juga diharuskan untuk berjalan kaki menyusuri tangga dan jembatan yang berada di bibir tebing, dibeberapa titik ada yang dilengkapi dengan kabel pembatas, dibeberapa titik juga ada yang dibiarkan terbuka, sehingga tempat ini tentunya masih kurang ramah untuk dikunjungi orang tua atau anak-anak kecil. Sesuai judul diatas tepat ini memang cocok buat healing para kaum muda yang masih energik dan suka berpetualang. sendiri mulai dibuka untuk umum pada bulan Mei 2021 yang lalu oleh musisi Erix Soekamto, sehingga tempat ini masih tergolong baru. Pemberian nama Tumpeng Menoreh sendiri dilandaskan akan bentuk bukit bukit yang berada ditempat tersebut yang menyerupai Tumpeng, dan menambahkan nama Menoreh karena tempatnya berada diperbukitan Menoreh.

Fasilitas Tumpeng Menoreh

sumber: pinterest/ wisata milenial

Untuk fasilitas yang disediakan ditempat ini terbilang standar namun cukup untuk membuat anda nyaman berada lama-lama disini. Berikut beberapa fasilitasnya:

  • Parkiran yang luas & full penjagaan 24 jam, karena tempat ini buka 24 jam non stop.
  • Spot Foto disetiap dek.
  • Tempat duduk dipinggir hexagon yang memiliki view juara.
sumber: ig @gilangfauziofficial
  • Puncak Hexagon, area terbaik untuk mengabadikan momen anda.
  • Resto dengan sajian Nusantara, karena setiap hidangannya dimasak dari dapur ibu-ibu dari penduduk sekitar, guna untuk mengembangkan potensi warga sekitar tempat wisata tersebut.
  • Cafe Tumpeng Menoreh yang menyajikan berbagai olahan kopi.
  • Selain fasilitas tersebut diatas disediakan juga toilet dan mushola.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Utara Terbaik

Harga Tiket & Makanan di Tumpeng Menoreh

sumber: ig/ tumpengmenoreh

Menurut kami untuk harga tiket dan makanan ditempat ini sangatlah terjangkau dimana untuk tiket masuknya pengunjung dikenakan tarif Rp.50.000 per orang, harga tiket tersebut sudah termasuk voucher makan atau minum senilai Rp.25.000 yang bisa digunakan untuk membeli cemilan, makanan, atau minuman yang sudah disediakan diresto & Cafe Tumpeng Menoreh. Sedangkan untuk biaya parkit ditempat ini sangat murah dimana untuk kendaraan Roda dua dikenakan tarif Rp.2.000 sedangkan untuk kendaraan Roda empat dikenakan tarif Rp.5.000 saja. Berikut detail harga beberapa sajian makanan dan minuman di wisata Tumpeng Menoreh:

  • Nasi Rp.5.000
  • Sayur Rp.5.000
  • Perkedel Rp.5.000
  • Telur Rp.5.000
  • Ayam Goreng Rp.10.000
  • Mangut Lele Rp.15.000
  • Opor Ayam Rp.10.000
  • Nasi Soto Rp.15.000
  • Garang Asem Rp.15.000
  • Nila Bakar Rp.20.000
  • Paket BBQ untuk 4 Orang Rp.300.000
  • Teh Sangrai Rp.10.000
  • Wedang Jahe Rp.10.000
  • Wedang Uwuh Rp.15.000

Baca juga: Lawu Park, Asyiknya Wisata Salju di Lereng Tawangmangu

Alamat Tumpeng Menoreh

sumber: ig/tumpengmenoreh

Tumpeng Menoreh beralamat di Jl. Kebun Teh Nglinggo, Sumbersari, Ngargoretno, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Letaknya yang berada diperbatasan antara kabupaten Kulonprogo dan Magelang membuat lokasi ini bisa ditempuh dari arah jalan yang berbeda, menurut beberapa sumber disarankan untuk memilih akses jalan dari kota Yogyakarta karena memiliki jalan yang lebih luas dan lebih landai. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengikuti petunjuk google maps berikut ini: Maps Tumpeng Menoreh / Maps Tumpeng Ayu.

Demikianlah Review singkat kami mengenai Tumpeng Menoreh Tempat Healing Kece Anak Muda di Ujung Yogyakarta, selain menawarkan pemandangan yang sangat indah, dibuka 24 jam, dan dengan harga yang terjangkau membuat wisata Tumpeng Menoreh cocok dijadikan tempat untuk berlibur atau sekedar nongkrong atau bersantai dalam keheningan. So tunggu apalagi mumpung tempat nya masih baru, buruan rencanakan liburan sobat singgah mengunjungi tempat ini.. hehe.. Salam Singgah, Kalau sudah singgah jangan Pergi lagi ya.. ee.e.ee,ya.aa.. ^_^

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *