Tebing Keraton, Wisata Healing Anti Galau

Titiksinggah.com atau Tebing Karaton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tempatnya yang tepat berada di atas ketinggian dan dalam area Taman hutan membuat tempat ini memiliki lenscape luas dan memukau.

Alamat

sumber: hargatiket.net

merupakan wisata alam yang ada di Bandung tepatnya berada di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Atau dapat juga mengikuti petunjuk Google Maps berikut ini: Maps Tebing Keraton.

Fasilitas

sumber; tiket.com

Fasilitas yang disediakan disini memang tidak terlalu banyak seperti layaknya yang penuh dengan wahana permainan, outbond atau aktifitas wisata lainnya. Tapi dapat dipastikan jika anda mengunjungi tempat ini apalagi pada saat pagi, anda pasti akan merasakan ketenangan yang sungguh tenang dan susah diungkapkan dengan kata-kata, hal tersebut dikarenakan tempat ini memiliki udara sejuk dingin dan view lepasnya membuat jiwa tentram dan sejenak melupakan beban-beban persoalan hidup. Berikut beberapa fasilitas yang disediakan:

  • Camping Ground.
  • Gardu Pandang.
  • Spot Foto cantik yang ada di bibir tebing.
  • Disediakan juga area parkir luas untuk kendaraan roda dua maupun roda empat, Toilet dll

Baca juga: Curug Cilember, Curug Estetis dengan 3 Mitos Didalamnya

Aktifitas yang Bisa Dilakukan di

sumber: superadventure.co.id

Selain bisa menjadi tempat untuk healing atau meditasi dan menenangkan diri, aktifitas yang bisa dilakukan di Tebing Keraton memang tidak terlalu banyak, tetapi dengan tempatnya yang berada di puncak tinggi menjadikan tempat ini merupakan spot terbaik untuk mengabadikan momen sunrise (matahari tenggelam) atau sunset (matahari terbit) yang ada di kota Bandung, tempatnya yang berada di dekat Bandung membuat Tebing Keraton memiliki view ciamik untuk melihat kota bandung dari ketinggian. Berikut beberapa saran aktifitas yang bisa dilakukan di Tebing Keraton:

  • Healing atau meditasi, berdiam diri dengan menikmati kesejukan udara pagi dengan view hijaunya hamparan hutan dan cerahnya warna keemasannya mentari membuat jiwa merasa tenang dan tentram.
  • Berfoto dipinggir tebing, tak bisa dipungkiri pada era sekarang ini, berfoto atau mengabadikan momen menjad aktifitas wajib jika menemukan tempat yang unik atau indah, Nah di Tebing Keraton ini mempunyai beberapa spot Foto yang juara untuk memenuhi instagram atau medsos sobat singgah semua.
  • Berkemah, Lokasi ini juga meyediakan area camping ground untuk wisatawan yang ingin bermalam ditempat ini. Saat malam tempat ini juga memiliki pemandangan cityscape gemerlapnya lampu kota Bandung yang sungguh indah.
  • Bersepeda, ada juga beberapa orang yang melakukan aktifitas bersepeda ditempat ini, untuk menguji ketahanan tubuh melewati tanjakan dan tujuannya finish dipuncak untuk menikmati lenscape pemandangan dari atas Tebing Keraton itu sendiri.

Baca juga: Tumpeng Menoreh, Tempat Healing Kece Anak Muda di Ujung Yogyakarta

Harga Tiket & Jam Operasional Tebing Keraton

sumber: tahurabandung.com

Untuk jam operasionalnya Tebing Keraton buka setiap hari mulai pukul 05.00 – 18.00. Sedangkan wisatawan yang mengunjungi Tebing Keraton dikenakan tarif sebesar Rp.12.000/orang untuk wisatawan domestik, harga tersebut sudah termasuk biaya asuransi jiwa sebesar Rp.2.000. Sedangkan untuk untuk wisatawan mancanegara dikenakan tarif  Rp.52.000/orang. Jika sobat singgah merencanakan untuk mengambil foto acara pre wedding atau tujuan komersial, maka sobat singgah akan dikenakan tarif tambahan sebesar Rp.300.000. Bagi sobat yang merencanakan untuk berkemah ditempat ini sobat akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.40.000, sedangkan untuk sobat yang tidak memiliki peralatan berkemah seperti tenda, sobat singgah dapat menyewanya langsung ditempat ini dengan biaya tambahan sebesar Rp.140.000. Biaya lain yang perlu diperhatikan adalah biaya restribusi parkir, dimana untuk kendaraan bermotor dikenakan tarif Rp.5.000, sedangkan untuk mobil dikenakan tarif Rp.10.000. Jika sobat datang kemari menggunakan mobil sobat singgah akan ditawari transportasi ojek dengan tarif berkisar dari Rp.30.000 – Rp.50.000/orang, hal tersebut dikarenakan jarak parkiran kendaraan roda empat lebih jauh jaraknya sekitar 2,5km dengan kondisi jalan menanjak.

Demikianlah ulasan singkat kami mengenai Tebing Keraton, Wisata Healing Anti Galau yang berada dipuncak tinggi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Selain cocok untuk menyaksikan sunset dan sunrise tempat ini cocok juga untuk bermeditasi atau hanya sekedar mengumpulkan foto estetic saja. Semoga saat sobat berkunjung kesini bisa menemui Golden momen saat sunrise atau sunset ya… Salam Singgah ^_^

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *