Tempat Wisata di Surabaya yang Sayang Jika Tidak Dikunjungi

Tempat Wisata di Surabaya yang Sayang Jika Tidak Dikunjungi

Kota yang dikenal sampai saat ini, merupakan kota pahlawan yang penuh dengan sejarah. Teringat dimana kota ini pernah berjuang melawan dari serangan penjajah yang ingin menguasai wilayahnya. Nilai historikal tersebut tidak hilang dan hingga kini menjadi daya tarik tersendiri bagi Kota tersebut sampai terbawa dalam suasana di di .

Kini kota tersebut sudah berevolusi menjadi kota yang lebih baik lagi, lebih tertata, dan lebih modern. Sehingga kini kota tersebut menjadi salah satu kota besar di Indonesia berkat pembangunannya, ekonominya, industri dan tentu saja hal ini meningkatkan minat orang untuk pergi ke Surabaya. Jangan dilupakan juga, orang minat ke surabaya karena banyaknya di Surabaya yang menarik.

1. Kampung Arab

sumber : okezone.com

Salah satu potret dari cerminan bhinneka tunggal ika, terpampang nyata disini. Di Tengah-tengah penduduk pulau jawa yang padat dan cenderung di isi oleh mayoritas suku jawa, hadirnya kampung arab ini menjadi hal yang unik. Kampung ini memang benar sesuai namanya yaitu dihuni oleh mayoritas warganya yang memiliki keturunan atau bahkan asli Arab.

Kampung ini menjadi kampung wisata sejak beberapa tahun lalu karena daya tariknya yang membuat orang penasaran. Hal ini tentu mendatangkan wisatawan dengan jumlah yang banyak setiap harinya. Disini banyak hal yang bisa dilakukan, seperti mengenal kebudayaan arab khas timur tengah, wisata religi, berburu souvenir, hingga mencari kuliner. Pastinya segala hal yang ada disini sangat kental dengan nuansa arab.

Baca Juga : Inilah 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Malang Paling Seru dan Keren

2. Klenteng Sanggar Agung

sumber : travelspromo.com

Tempat ibadah merupakan tempat orang dengan agama tertentu untuk datang beribadah. Namun tidak jarang juga orang mengunjungi tempat ibadah untuk melihat suasananya dan nilai-nilai sejarah yang terdapat dari bangunan tersebut. Itulah kira-kira yang dilihat orang saat mengunjungi klenteng yang bernama Klenteng Sanggar Agung ini.

Lokasi Klenteng ini berada di sekitaran Pantai Ria Kenjeran yang sudah lama berdiri. Disana terdapat beberapa patung besar yang melambangkan dewa-dewi dari kepercayaannya. Contohnya ada patung Dewi Kwan Im yang menjadi ciri khas atau iconnya klenteng ini. Klenteng ini juga dipercantik dengan beberapa ornamen lain seperti patung-patung naga yang meliuk-liuk.

3. Museum House of Sampoerna

sumber : surabayarollcake.com

Setelah 2 yang sebelumnya berbau kebudayaan, lanjut ke yang memiliki nilai sejarah. Tempat ini dikenal sebagai tempat awal mulanya kejayaan dari merek rokok terkenal yaitu Sampoerna. Disini disebut sebagai tempat awal mulanya produksi dari rokok buatan Sampoerna.

Disana disediakan aneka ragam benda-benda bersejarah yang erat kaitannya dengan produksi rokok. Hal-hal unik ini tidak akan ditemukan di Museum lain di Indonesia. Beragam peralatan dan bahan produksi rokok pada masa itu ditampilkan dengan rapi dan terawat. Pengunjung bisa melihat bagaimana bentuk rokok jaman dahulu dari mulai bahan yang digunakan sampai dengan pemantiknya.

Selain melihat-lihat museum, pengelola juga menawarkan untuk berkeliling kota gratis dengan sebuah bus. Disana juga tersedia berbagai macam souvenir yang identik dengan tempat tersebut. Tempatnya juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berfoto, jadi jangan lupa bawa kamera.

4. Tugu Pahlawan

sumber : id.wikipedia.org

Pergi ke Surabaya rasanya tidak lengkap apabila tidak mengunjungi tempat yang satu ini. Tempat ini sangat jelas terkenal karena menjadi icon tersendiri bagi Kota Surabaya. Nama tempat ini adalah Tugu pahlawan yang sudah berdiri cukup lama dan masih kokoh hingga sekarang. Kini tempat ini semakin cantik dan terawat berkat adanya taman pendukung yang memperindah suasana.

Baca Juga : Daftar 9 Tempat Wisata Di Bali Yang Patut Dikunjungi

Tugu ini menjulang tinggi sehingga cukup terlihat dari daerah sekitarnya. Tempat ini sangat cocok untuk bersantai menikmati kota Surabaya di sore hari, karena kalau siang pasti akan panas. Untuk mengunjungi tempat ini, pengunjung tidak akan dimintai biaya alias gratis. Ini akan cocok untuk pengunjung yang ingin bersantai tapi tidak mau mengeluarkan biaya yang besar.

5. Museum 10 November

sumber : id.wikipedia.org

Bagi penyuka sejarah dan ingin tahu sedetail mungkin tentang bagaimana perjuangan rakyat surabaya pada jaman dulu, tempat ini jawabannya. Disini pengunjung bisa dengan jelas melihat-lihat bagaimana dulu leluhurnya berjuang melawan penjajah para tanggal 10 November 1945. Meskipun dinyatakan sudah merdeka, nyatanya para penjajah masih bersikeras ingin menguasai kembali Indonesia.

Namun, rakyat tidak tinggal diam begitu saja dan pada tanggal tersebut peperangan tak terhindarkan. Singkat cerita rakyat Indonesia menang dan segala momen terkait peperangan tersebut terekam jelas di museum ini. Disana terdapat foto-foto dan lukisan yang cukup mewakili kejadian pada saat itu. Disana juga terdapat beberapa peninggalan senjata yang digunakan untuk berjuang.

6. Patung Suro dan Boyo

sumber : suarasurabaya.net

Bagi para penikmat olahraga sepak bola pasti tidak asing dengan gambar Buaya dan Ikan yang ada pada logo Persebaya. Logo tersebut juga digunakan sebagai lambang dari kota Surabaya yang memiliki arti tersendiri. Bukan hanya dijadikan lambang saja, simbol tersebut juga bahkan dibuatkan patungnya yang hingga kini menjadi ciri khas tersendiri bagi Kota Surabaya.

Tidak afdol rasanya jika pergi ke Surabaya dan tidak menemukan patung tersebut. Paling tidak berhenti sejenak dan mengambil foto dengan rekan atau keluarga disana jika baru mengunjunginya sekali. Jika ingin sambil berekreasi, di sekitarnya juga ada taman dan tempat orang bermain skate. Dirasa akan indah menikmati sore sambil melihat komunitas yang sedang bermain skateboard disana.

7. Food Junction Grand Pakuwon

sumber : sikidang.com

Setelah lelah pergi kesana kemari, saatnya mengisi perut yang lapar dengan pergi ke pusat makanan. Disini tempatnya segala jenis makanan dari makanan jadul hingga kekinian semuanya tersaji dengan deretan penjual yang rapi. Wisata ini sudah lama menjadi spot penting bagi para pecinta kuliner yang menyediakan aneka ragam jenis makanan.

Baca Juga : 7 Pilihan Tempat Wisata di Semarang yang Tawarkan Sensasi Berbeda

Food Junction ini mulai dibuka sejak 2016 dan tidak pernah sepi karena berbagai jenis kuliner dihadirkan disini. Mau kuliner khas nusantara ada, kuliner khas mancanegara juga ada. Tidak hanya menikmati santapan kuliner yang lezat, pengunjung juga bisa sambil dimanjakan matanya dengan pemandangan danau buatan yang tidak kalah kerennya.

8. Kebun Binatang Surabaya

sumber : pingpoint.co.id

di Surabaya yang satu ini cocok untuk semua kalangan. Kebun binatang yang satu ini memiliki ragam jenis satwa yang cukup beragam dan siap menghibur para pengunjung pastinya. Letaknya ada di sekitar pusat kota sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat. Tak heran kebun binatang ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Cukup dengan merogoh kocek sebesar 15 ribu per orang, pengunjung sudah bisa melihat-lihat koleksi satwa yang ada disana. Konon tempat wisata di Surabaya ini sudah ada sejak lama dan menjadi salah satu yang tertua di Indonesia.

9. Kampung Bulak

sumber : sewabussurabaya.com

Para pencari spot-spot unik sebaiknya jangan melewatkan tempat yang satu ini. Namanya adalah kampung bulak yang adanya hanya di kecamatan bulak yang merupakan bagian dari Kota Surabaya. Ciri khas dari kampung ini adalah bangunanya yang dicat warna-warni oleh warganya dengan sengaja. Secara tidak langsung ini membuat masyarakat ingin berkunjung untuk berwisata disini sekaligus meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Perkampungan ini juga semakin unik karena rumah warganya yang berderetan. Pengunjung bisa dengan mudah menemukan spot instagramable sampai memenuhi memori kameranya. Ini bisa menjadi solusi wisata murah namun tidak kalah kerennya dengan wisata mahal sekalipun. Untuk bisa berwisata disini, pengunjung hanya akan dimintai biaya sebanyak 2 ribu rupiah saja perorangnya.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata di Medan Murah dan Penuh Kesan

Nah itulah beberapa tempat wisata di Surabaya yang wajib dikunjungi. Tempat wisata yang direkomendasikan tersebut pastinya selalu ramai dan tidak sepi karena memang banyak dicari orang ketika berkunjung ke Surabaya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.