Daya Tarik Wisata Gua Pindul yang Wajib Diketahui

Daya Tarik Wisata Gua Pindul yang Wajib Diketahui

Titiksinggah.com – Wisata dapat menjadi salah satu alternatif destinasi saat berlibur ke Jogjakarta. merupakan wisata alam yang berupa gua dengan sepanjang sungai yang membentang di sekitarnya. Eksotisme gua akan terlihat dengan kilauan air yang memenuhi dindingnya.

Gua ini terbentuk secara alami dari alam tanpa campur tangan manusia sejak jutaan tahun yang lalu. Kealamian yang dimiliki oleh tetap terjaga dan bertahan hingga saat ini. Agar lebih mengenal mengenai , simak ulasan berikut ini:

Baca juga: Lembah Tumpang, Hidden Gems Super Indah di Malang dengan 5 Pool Cantik

Lokasi dan Tiket Masuk

Wisata gua pindul berlokasi di kabupaten Gunung kidul, tepatnya di Gelaran 2, desa Bejiharjo kecamatan Karangmojo. Dari pusat kota Yogyakarta, wisata ini memakan waktu tempuh berkendara sekitar ± 1 jam 20 menit dengan jarak sekitar 43 km.

Harga tiket masuk gua pindul sangat terjangkau, apalagi berkunjung bersama rombongan besar. Destinasi gua pindul memiliki beberapa pilihan paket yang bisa dikunjungi untuk kawasan wisata. Berikut tarif harga untuk masing-masing paket:

  • Tiket masuk. Seharga Rp. 10.000 rupiah.
  • Jelajah goa cristal. Tarif sebesar Rp30.000 rupiah.
  • Jelajah goa gelatik. Tarif sebesar Rp35.000 rupiah.
  • Jelajah goa sriti. Tarif sebesar Rp35.000 rupiah.
  • Cave tubing goa pindul. Tarif sebesar Rp40.000 rupiah.
  • Outbound. Tarif sebesar Rp50.000 rupiah.
  • River tubing kali oyo. Tarif sebesar Rp60.000 rupiah.
  • Jelajah goa tanding. Tarif sebesar Rp150.000 rupiah.
  • Wisata offroad. Tarif sebesar Rp450.000 rupiah.

Daya Tarik Gua Pindul

sumber: datawisata.com

Keindahan yang dimiliki oleh wisata gua pindul tidak perlu diragukan lagi. Pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai daya tarik yang dimiliki oleh destinasi gua pindul, simak ulasan berikut:

1. Pemandangan Gua Yang Khas

Panjang gua pindul sekitar 350 meter dan lebar hingga 5 meter dengan kedalaman mencapai 5-12 meter. Sementara itu, gua pindul mempunyai 3 bagian zona pada arena goa. Ketiga zona ini memberikan pengalaman yang berbeda kepada setiap pengunjung. Berikut tiga bagian goa tersebut:

Baca juga: Darajat Pass, Serunya Bermain Waterboom di Kolam Air Panas Alami

  • Zona terang. Pada bagian ini pengunjung dapat menikmati keindahan gua yang terlihat cerah secara langsung dengan mata telanjang.
  • Zona redup. Pada bagian ini, area dinding gua akan terlihat cantik karena terdapat pantulan air jernih yang menghiasinya.
  • Zona gelap. Pada bagian ini dibutuhkan alat bantu pencahayaan seperti senter dll agar dapat menavigasi area tersebut.

Waktu yang dibutuhkan untuk melewati ketiga zona tersebut sekitar kurang lebih 45 menit. Selain itu, pada tengah gua terdapat area dengan ruang yang cukup besar dengan kombinasi lubang di atasnya.

2. Cave Tubing Gua Pindul

Selain disuguhkan oleh pemandangan yang memukau, cave tubing gua pidung menjadi salah satu aktivitas yang wajib untuk dicoba. Disini pengunjung akan melakukan penjelajahan goa dengan dilengkapi peralatan body rafting dan didampingi oleh pemandu.

Beberapa peralatan yang disediakan untuk aktivitas ini yaitu helm, senter life jacket dan ban agar tetap aman. Penjelajahan tersebut dimulai dari mulut gua pindul yang berada di tebing. Selama perjalanan pengunjung akan melewati tiga zona yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Air sungai di area wisata gua pindul terbilang cukup tenang sehingga aman untuk melakukan perjalanan menelusuri gua. Penjelajahan gua ini akan berakhir di area bendungan banyumoto yang tepatnya berlokasi di ujung mulut gua.

3. Kuliner Khas

sumber: pegipegi.com

Setelah puas menjelajahi dan bermain di area gua, pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas jogja di ini. Terdapat beberapa pilihan menu yang bisa pengunjung nikmati, misalnya seperti nasi trancam.

Baca juga: Mencari Wisata Keluarga di Malang Untuk Liburan? Ini Rekomendasi Untuk Kamu

Nasi tersebut mempunyai cita rasa gurih dan pedas yang dilengkapi dengan sambal urap dan sayuran segar. Menu tersebut dapat ditemani dengan segelas wedang jahe panas yang akan membantu badan lebih hangat setelah bermain air.

Selain itu, terdapat beberapa menu hidangan lainnya yang pengunjung coba di gua pindul. Harga yang ditawarkan untuk beberapa hidangan tersebut terbilang murah dan terjangkau, sehingga tidak menguras kantong.

Itulah daya tarik dan aktivitas yang bisa dilakukan di wisata gua pindul. Selain beberapa daya tarik gua pindul yang sudah disebutkan, pengunjung juga dapat melakukan banyak aktivitas lainnya. Beberapa aktivitas tersebut seperti yang sudah disebutkan pada bagian daftar tarif paket.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *