Bukit Jamur, Wisata Alam Unik yang Viral di Ciwidey

Titiksinggah.com merupakan wisata alam di Ciwidey yang menawarkan keunikan berupa jajaran pepohonan besar yang menyerupai bentuk jamur dan memiliki udara sejuk dingin khas pegunungan di Bandung.

Sekilas Tentang Bukti Jamur

sumber: pegipegi.com

selain menawarkan pepohonan unik yang menyerupai jamur, juga memiliki pesona lain berupa jembatan kayu yang membelah perkebunan teh yang berada dilereng perbukitan hijau, sehingga lokasi ini cocok dijadikan tempat bersantai dan berjalan-jalan ringan untuk menikmati kesejukan dan keheningan alam wisata setempat. Jika diakses dari kota Bandung, Rancabolang ini berjarak kurang lebih 50km dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih sekitar 2 jam. Sedangkan untuk jika anda sudah berada di pasar Ciwidey jarak dari pasar ciwidey ke sejauh 19km atau dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 50 menit.

sumber: instagram/lynnhalianto

Untuk akses dari jalan ciwidey menuju lokasi wisata ini masih belum ada kendaraan umum, namun perjalanan ke tempat ini dapat diakses menggunakan kendaraan sepeda motor bahkan mobil sejenis sedan sekalipun, untuk kondisi jalanan masuk menuju Bukit Jamur sendiri sedikit menantang dimana kondisi jalanan yang akan dilalui berupa sebagian jalan aspal halus, sebagian melewati jalan berbatu, dan sebagian lagi melalui jalan cor, kondisi jalanan tersebut dipadukan dengan beberapa lokasi berupa tebing dikanan jalan, dan jurang dikiri jalan, selain itu sobat juga akan melewati hutan pinus yang berada di kanan dan kiri jalan, untuk rute kesini juga jarang melalui rumah penduduk ya sob, sehingga pastikan bahan bakar dan kondisi kendaraan sobat dalam keadaan baik dan siap tempur karena medan jalanan disini akan menanjak, menurun dan berkelok layaknya jalanan khas pegunungan yang sedikit menantang. Tetapi dari semua tantangan tersebut akan terbayarkan dengan kondisi lingkungan perjalanan yang asri dan udara dingin sejuk menuju tempat ini, sebelum sobat sampai di lokasi wisata ini sobat akan melewati jalanan yang dikanan dan kirinya dihiasi pemandangan berupa perkebunan teh berbukit-bukit yang sangat luas dan hijau, udara disini juga dipastikan lebih dingin dari perkebunan teh dipinggiran jalan utama ciwidey, pastikan sobat menyempatkan diri untuk mengabadikan moment ini ya.

Baca juga: Keindahan Wisata Bremi Probolinggo, Ketahui Harga Tiket Masuk dan Fasilitasnya!

Fasilitas & Spot Foto Bukit Jamur

sumber: google maps/Budi SAQ

Untuk lokasi utama yang dijadikan sebagai icon ditempat ini yaitu berupa jalan kecil yang kanan kirinya ditumbuhi pohon-pohon pinus/cemara besar yang dibentuk atau dipangkas menyerupai jamur, tetapi selain pohon cemara berbentuk jamur tersebut, disini juga menawarkan pemandangan alam berupa perkebunan teh yang sangat luas dan masih sangat alami, apalagi di tengah-tengah perkebunan teh disini dibangun jembatan panjang dari kayu sehingga mempermudah pengunjung menuju ketengah perkebunan teh untuk menikmati pesona kesejukan perkebunan teh, selain untuk mempermudah penunjung mengakses keperkebunan teh jembatan kayu ini justru menjadi daya tarik tersendiri sebagai area berfoto atau sekedar tempat untuk berjalan-jalan santai bersama teman atau keluarga. Selain dua spot utama di atas disini juga sudah dilengkapi beberapa fasilitas pendukung seperti:

  • Area Parkir.
  • Kedai Bukit Jamur.
  • Warung-warung makan yang ada disekitaran lokasi wisata (tersedia makanan ringan & berat).
  • Mushola.
  • Toilet.
  • Tempat duduk kayu.
  • Spot-spot buatan untuk area berfoto.

Baca juga: Curug Balong Endah, Jernihnya Air Sebening Kaca dari 4 Kolam Alaminya

Harga Tiket & Jam Operasional Bukit Jamur

sumber: mundomaya.travel

Untuk jam operasionalnya Bukit Jamur buka setiap hari dari mulai pukul 07.00 – 17.00 sedangkan untuk harga tiket ini tergolong sangat terjangkau dimana setiap pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp.12.000/orang sedangkan untuk parkir kendaraan bermotor dikenakan tarif Rp.2.000/kendaraan, dan mobil Rp.5.000/kendaraan.

Baca juga: 6 Spot Terindah di Puncak Becici yang Wajib Kamu Abadikan

Alamat Bukit Jamur

sumber: instagram/@bukitjamurphotografher

Bukit Jamur berada dikaki gunung patuha di desa Rancabolang Ciwidey Bandung, lokasinya berada di daerah perkebunan PTPN VIII, untuk alamat tepatnya  berada di Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Atau untuk lebih jelasnya sobat singgah bisa mengikuti petunjung Google Maps sebagai berikut ini: Maps Bukit Jamur.

Demikianlah ulasan singkat kami mengenai Bukit Jamur Ciwidey.Tempat ini memang memiliki magnet atau daya tarik yang kuat berupa jalan setapak yang ditumbuhi vegetasi pohon pinus/cemara besar menyerupai bentuk jamur dengan ukuran besar, Tetapi selain daya tarik yang sempat viral tersebut tempat ini juga menawarkan pemandangan alam yang tak kalah menawan, apalagi suasana disekitar area lokasi ini, dimana terdapat sekolahan yang bersebelahan dengan luasnya areal perkebunan teh yang nampak sejuk, begitupun alaminya ini membuat imajinasi ini membayangkan nikmatnya anak-anak sekolah disini yang bisa bersekolah sambil menikmati view indahnya lereng perkebunan teh yang ada di area wisata Bukit Jamur ini.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *