Curug Cikaso, Curug Megah dengan 3 Titik Air Terjun yang Berdampingan

Titiksinggah.com Cikaso merupakan destinasi wisata berupa air terjun yang memiliki 3 titik air terjun yang saling berdamping. Ketinggian air terjun di Cikasi ini kurang lebih 80 meter dan memiliki lebar tebing sepanjang 100 meter membuat air terjun ini nampak megah dan indah.

Sekilas Tentang Cikaso

Curug Cikaso
sumber: id.wikipedia.org

Cikaso merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang terletak di selatan Kabupaten Sukabumi. Cikaso sendiri memiliki nama lain yaitu Luhur, tetapi karena masyarakat setempat lebih mengenal tempat ini dengan sebutan Cikaso maka tempat ini lebih dikenal luas dengan sebutan Cikaso, asal muasal nama Cikaso sendiri didasari dari sumber aliran air di ini yang berasal dari aliran anak sungai Cikaso. Menurut sumber yang kami dapat dari wikipedia Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi di mana di bagian bawah air terjun ini terdapat kolam dengan warna air hijau kebiru-biruan. Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke arah timur. Masing-masing air terjun mempunyai nama masing. Yang kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong dan kanan bernama Curug Aki. Ketiga curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 m. Aliran air di kolam ini berlanjut mengalir ke Sungai Cikaso hingga menuju muara dekat Samudra Hindia di perbatasan Kec. Cibitung dengan Kec. Tegal Buleud. Kolam tersebut dapat digunakan untuk berenang, tetapi adanya pengawasan penjaga, dikarenakan kedalaman kolam ini mencapai 15 meter.

Baca juga: Posong, Wisata Alam dengan Nuansa Pegunungan Terpopuler di Temanggung

Fasilitas

sumber: loperonline.com

Untuk fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini terbilang cukup untuk mendukung aktifitas wisata anda, disini disediakan perahu yang berkapasitas sekitar 10 orang untuk mengangkut wisatawan dari area parkir menuju lokasi Curug Cikaso. Selain itu ditempat ini juga disediakan fasilitas berupa:

  • Area Parkir kendaraan untuk motor & mobil.
  • Mushola, didekat area curug terdapat 1 mushola.
  • Toilet, di area curug cikaso disediakan 2 toilet.
  • Warung makan, untuk warung makan disediakan warung makan sederhana dengan gubuk semi permanen yang menjajakan aneka makanan dari mulai makanan ringan sampai makanan berat.
  • Papan informasi.
  • Penjaga di sekitar curug, karena ada beberapa titik yang tidak boleh digunakan untuk berenang.
  • Bangku disekitaran lokasi wisata.
  • Gazebo/ pondok-pondok sederhana.

Baca juga: Lontar Sewu, Edu Wisata Ternyaman Untuk Keluarga Anda

Harga Tiket Masuk Curug Cikaso

sumber; instagram/curug.cikaso

Untuk harga tiket masuknya setiap pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp.5.000/orang, sedangkan untuk biaya parkir kendaraan sepeda motor dikenakan tarif Rp.10.000/kendaraan dan untuk mobil dikenakan tarif Rp.15.000/kendaraan. Sedangkan jika sobat mengunjungi Curug Cikaso dengan menggunakan perahu, sobat akan dikenakan tarif sebesar Rp.65.000/perahu, dengan harga tersebut sudah bisa digunakan untuk perjalanan pulang pergi, dan satu perahu dapat mengangkut penumpang sekitar maksimal 10 orang.

Baca juga: Bukit Jamur, Wisata Alam Unik yang Viral di Ciwidey

Alamat & Rute ke Curug Cikaso

sumber: Instagram/td.yudha85

Curug Cikaso beralamat di Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi , Provinsi Jawa Barat 43172. Atau jika sobat kurang begitu paham dengan lokasi disini sobat dapat mengikuti petunjung Google Maps sebagai berikut: Maps Curug Cikaso. Untuk sampai diarea Curug Cikaso dapat ditempuh dengan 2 alternatif perjalanan yaitu melalui jalur darat dengan sedikit treking dan yang kedua melalui jalur sungai dengan menaiki perahu, nah berikut penjelasan singkatnya: perjalanan kita mulai dari area parkir Curug Cikaso ya, setelah sobat sampai ke area parkir Curug Cikaso jika sobat berencana untuk melakukan treking sobat akan menempuh perjalanan melalui area persawahan kemudian melewati sedikit area hutan, dan perjalanan ini dapat ditempuh kurang dari 30 menit.

Baca juga: Keindahan Wisata Bremi Probolinggo, Ketahui Harga Tiket Masuk dan Fasilitasnya!

Alternatif yang kedua yaitu mengunjungi Curug Cikaso dengan menaik perahu, setelah sobat sampai di area parkir kendaraan Curug Cikaso sobat akan disambut dengan sebuah dermaga yang digunakan untuk mengangkut wisatawan menuju Curug Cikaso, waktu yang diperlukan untuk sampai di area Curug Cikaso sekitar 10-15 menit, dengan menyusuri sungai yang dibeberapa titiknya memiliki view juara dengan air sungai berwarna hijau tosca dengan pemandangan berupa hutan tropis dan suara gaum hewan di sela-sela rimbunnya hutan.

Demikianlah ulasan singkat kami mengenai Curug Cikaso, Curug megah nan indah yang memiliki 3 titik air terjun yang saling berdekatan di sisi tebing batunya. Tempatnya yang sedikit jauh dari pemukiman penduduk dan berada di tepi hutan membuat suasana di curug ini begitu terasa sejuk dan natural. Namun dibalik semua keindahannya tersebut diharapkan pengunjung dapat mentaati aturan dari warga setempat, misalnya dilarang untuk berenang tepat dibawah air terjun karena ditempat ini selain memiliki arus bawah yang kuat juga memiliki kedalaman yang sangat dalam dan berbahaya, selain itu pastikan sobat tidak melakukan camping atau mendirikan tenda untuk menginap ditempat ini, karena selain letaknya jauh dari pemukiman penduduk dan masih berada dalam hutan, dikhawatirkan masih ada binatang buas yang bisa membahayakan para wisatawan yang bercamping. Selain dengan adanya binatang buas, debit air dicurug ini juga dapat meningkat hebat dan membuat area sekitar curug bisa dibajiri air.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *